Tips Foto Buku Agar Instagramable & Low Budget, Gimana Sih?

by - 8:49 AM


Ada yang penasaran dengan hobi jadi bookstagramer? Yap, hobi ngereview buku plus fotoin buku ini memang makin banyak dilakukan para pecinta buku di dunia maya tepatnya instagram, ya. Termasuk saya sendiri. Hahaha.

Tapi hobi yang satu ini memang asyik, sih. Terutama kalau bisa dapet buku gratis entah itu dari sesama bookstagramer atau dari penerbitnya langsung. Seketika kebahagiannya terpenuhi. Nah, tahu nggak? Untuk menghasilkan foto yang instagramable itu harus memperhatikan hal-hal dasar dalam teknik fotografi, lho.

Meskipun sempet dapet mata kuliah Fotografi saat kuliah, tapi kayaknya saya udah lupa sih kalau harus praktik pake kamera DSLR. Tapi walaupun pake kamera smartphone, harus banget nih memperhatikan hal-hal dasarnya. Baiklah, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi cara menghasilkan foto yang instagramable plus low budget! Hahaha.

Salah satu hasil jepretan saya, nih

Yuk, langsung aja perhatikan hal-hal berikut ini, ya:


  • Tentukan konsep foto untuk buku yang akan kamu foto.

  • Lighting is important! Sinar matahari antara jam 08.00-09.00 adalah pencahayaan terbaik untuk hasil foto dengan bermodalkan kamera smartphone.

  • Gunakan smartphone biasa dengan kamera belakang minimal 3 megapixels ke atas untuk hasil yang oke.

  • Gunakan properti yang ada di rumah untuk menghasilkan foto buku yang instagramable sesuai dengan konsep foto.

Nah, gimana? Udah kebayang, kan, betapa untuk hasil sebuah foto yang instagramable ini sebenarnya cukup simpel dan yang paling penting harus ada alokasi waktu yang cukup serta minimalisir noise yang ada. Apalagi kalau punya anak-anak kecil. Hm, ini agaknya tantangan tersendiri juga, ya.


Bandung, 131118
Materi ini disampaikan saat Kuliah WhatsApp Asyiknya Jadi Book Reviewer & Bookstagramer 26 Oktober 2018

You May Also Like

1 komentar

©