Bahas Search Marketing untuk Bisnis, Kenapa Penting Sih?

by - 11:30 AM

Sumber: Pexels.com/Dominica Roseclay


Bisnis di era modern memang harus kreatif, mulai dari kreatif bikin promosi yang style-nya up to date sampai bikin website sebagai pengukuh untuk bisnis yang kita jalani ini kredibel dan berkualitas. 

Apalagi kalau produk atau jasa yang kita jual memang banyak dibutuhkan orang dan tentunya bagus banget, makin harus banget sih promosi dengan cara kekinian untuk meningkatkan penjualan.

Salah satu yang tidak boleh diabaikan dalam dunia digital marketing adalah kekuatan sebuah mesin pencari bernama Google. Kalau ngomongin data statistik, dari Januari 2020 sampai Januari 2021, Google ada diperingkat teratas sekitar 90% yang banyak digunakan di seluruh dunia, melangkah jauh banget dibandingkan mesin pencari lain yang jadi saingannya.

Lebih dahsyatnya lagi, di Indonesia, Google nyaris berada di angka 100% untuk sebuah mesin pencari yang digunakan masyarakat Indonesia. Jadi kebanyangkan, betapa powerful-nya si Google ini bagi keberlangsungan hidup rakyat Indonesia, kan? Nah, peluang inilah yang sudah seharusnya kita gunakan untuk memasarkan produk/jasa yang jadi bisnis kita.


Kenapa Sih Orang-orang Demen Searching?

Sumber: Pexels.com/Ingo Joseph

Sebelum mempertanyakan itu, coba tanya diri sendiri, deh. Kira-kira kenapa habit atau kebiasaan kita sebelum apa-apa atau ke mana-mana, kita pasti ngandelin Mbah Google untuk mencari setitik informasi?

Kalau buat saya pribadi jawabannya cukup simpel, saya butuh kepastian. Hahaha. Misalnya, kalau saya mau beli make-up terbaru pasti saya akan cari dulu berapa harganya, lalu bagaimana review para beauty blogger kemudian beralih ke YouTube untuk mencari tahu review secara visualnya, dan terakhir kalau dirasa memang cocok pasti saya akan beli deh.

Begitupun jika akan mengunjungin objek wisata atau tempat makan yang kita gak familiar sama rutenya atau kita mau tahu berapa harga menu-menu di tempat makan tersebut. Nah, di sinilah peranan search marketing yang harus banget dimanfaatkan para pebisnis untuk meraih target market dengan lebih luas.

Alasan orang-orang demen nanya Mbah Google sebelum ngapa-ngapain, kurang lebih samalah, ya, seperti:

  1. Sebelum berpergian ke mana pun, pengen tahu tentang lokasi, rute, atau informasi lainnya yang berkaitan dengan tempat yang akan kita tuju.
  2. Review orang-orang tentang hal-hal menyenangkan apa saja yang ada di tempat tujuan itu atau pengalaman menyenangkan apa yang akan didapatkan jika kita berkunjung ke tempat wisata atau mungkin ke tempat makan yang baru.
  3. Sebagai bahan pertimbangan agar lebih nyaman untuk mencapai tujuan. Entah mungkin itu sebaiknya menggunakan kendaraan apa, dan sebagainya.
  4. Of course, yang paling penting adalah kenapa kita tanya Mbah Google agar kita punya gambaran tentang budget yang akan kita keluarkan saat membeli atau mengunjungi tempat tertentu.


Jadi, Search Marketing Kenapa Penting untuk Bisnis?

Sumber: Pexels.com/Mikael Bloomkvist

Sepertinya udah kebayang, ya, kenapa saat kita memiliki bisnis dan wajib untuk punya website yang bisa muncul di halaman pertama Google. Ada poin-poin penting banget buat kamu para pebisnis biar makin yakin kenapa harus ambil peluang melalui search marketing, diantaranya:

  • Online Visibility : Sebagai sebuah perusahaan, penting banget punya identitas yang diketahui orang-orang mulai dari nama perusahaan, alamat, produk/jasanya, sosial media. Perusahaan punya nilai lebih ketika orang-orang dapat mengakses informasinya secara online.
  • Increase Brand Awareness : Kehadiran perusahaan yang dapat diakses secara online melalui websitenya akan meningkatkan brand dari perusahaan tersebut dan pastinya orang-orang semakin ngeuh dengan kehadiran produk/jasa dari sebuah perusahaan.
  • Search Intent : Kebutuhan orang-orang atau calon costumer pasti beda-beda, nah, kehadiran website perusahaan dapat membantu calon costumer untuk mencari informasi, navigasi, review, sampai pada akhirnya melakukan transaksi.
  • Specific Targeting: Search Marketing sangat membantu sebuah perusahaan untuk mencapai target marketnya dengan lebih tepat atau spesifik karena kita bisa banget beriklan untuk orang-orang yang hanya berada di wilayah Jakarta, atau hanya untuk pengguna iOS saja, dsb.
  • Direct Response Marketing : Jika sebelumnya kita mencari keyword tentang baju terbaru maka search engine biasanya akan memunculkan daftar baju-baju terbaru saat kita kembali mengunjungi Google.


Sama-sama Search Marketing Tapi Ada Bedanya, Nih

Sumber: Pexels.com/Mikael Bloomkvist

Sekarang jadi makin terasakan kan bahwa search marketing ini sebegitu signifikan pengaruhnya. Oke, ini hal dasar banget yang wajib kita tahu sebelum bikin konten artikel di website. 

Mungkin, beberapa dari kita udah cukup familiar sama istilah search marketing, SEO, atau PPC. Well, memang informasi tentang hal ini banyak banget bertebaran di internet dan beberapanya ada yang benar, namun gak jarang jadi bikin misunderstanding juga, sih.

Pada dasarnya SEO dan PPC itu adalah bagian dari search marketing. Search marketing adalah proses untuk mendapatkan traffic  dan visilbilitas dari mesin pencari (search engine) dengan cara berbayar dan tidak berbayar.

Nah, dari penjelasan di atas jadi semakin jelas kan kalau Search Engine Optimization (SEO)  dan Pay Per Click (PPC) jadi komponen penting untuk meningkatkan sebuah traffic website, baik itu website bisnis ataupun blog.

Intinya, kita bisa bikin sebuah konten di website dengan menggunakan keyword tertentu dan nantinya bisa untuk SEO (saat orang browsing, dan nge-klik website kita, kita gak perlu bayar ke Google) ataupun PPC (saat orang browsing, dan nge-klik website kita, kita perlu bayar ke Google sesuai harga yang sudah dipasang untuk keyword tersebut).

Dunia memang bergerak amat cepat, begitupun dengan cara memasarkan sebuah produk/jasa yang selalu berubah trennya setiap waktu. Setiap pebisnis pasti punya strategi marketing andalannya namun alangkah lebih baik untuk selalu open minded dan segera bergerak mengikuti tren yang ada. 

Jangan sampai produk/jasa kita kehilangan costumer hanya karena kita yang tidak dapat atau tidak mau mengikuti perkembangan teknologi saat ini. Yuk, segera upgrade pengetahuan bisnismu dengan  beragam cara!


Tulisan ini dikembangkan dari materi Introduction to Search Engine Marketing dengan pembicara Nirmala Sari – SEO Specialist Bukalapak dalam acara Digital Marketing Bootcamp by dibimbing.id 

You May Also Like

0 komentar

©