Skincare Rutin untuk Ramadan yang Wajib Banget buat Si Kulit Kering

by - 10:27 PM


Sama halnya dengan bulan lain, bulan Ramadan pun gak boleh skip skincare-an agar wajah tetap glowing walaupun sedang berpuasa. Apalagi buat saya yang tipe kulitnya kering, kalau gak pake skincare langsung gak nyaman aja deh bawaannya.

Kebetulan sampai hari ini sih belum ada acara keluar rumah yang harus pake make up, ya, jadi saya lebih banyak pake skincare aja sehari-hari termasuk kalau harus belanja ke warung, cukup pelembap, sunscreen, dan lip tint aja.

Permasalahan yang punya kulit kering ini biasanya makin berasa kalau lagi puasa. Hal ini dikarenakan kurangnya asupan air ke dalam tubuh. Maka, peranan skincare bisa bantu banyak nih. Jadi, pake skincare apa aja nih selama Ramadan?


1. Bersihkan Wajah dengan Cleansing Milk yang Lembut dan Toner

Sumber: Canva

Urusan bersih-bersih wajah, saya udah gak pindah ke lain hati lagi, sih. Kulit kering saya lebih nyaman dengan pembersih wajah yang bentuknya cleansing milk. Hal ini dikarenakan kandungan dari cleansing milk biasanya kaya akan emolien seperti minyak alami, ekstrak tumbuhan, surfaktan ringan.

Paling penting, kandungan cleansing milk dapat membantu mempertahankan hidrasi alami kulit. Bahan-bahan yang ringan ini sangat cocok untuk jenis kulit yang sensitif dan kering. Tanpa perlu digosok dengan kasar, kotoran dan riasan bisa hilang dengan cleansing milk.

Biasanya saya pake cleansing milk dulu kemudian spray toner dan tunggu sesaat sebelum masuk ke step skincare berikutnya. Nah, produk yang sekarang saya pakai adalah Wardah Lightening Cleansing Milk dan Hatomugi Skin Conditioner.


 2. Nutrisi Wajah dengan Serum Pilihan

Sumber: Canva

Setelah urusan bersih-bersih wajah selesai, saatnya untuk kasih nutrisi tambahan untuk si kulit kering ini dengan menggunakan serum. Serum ini sifatnya opsional, jadi kalau semisalnya gak pake juga gak apa-apa asalkan tetap membersihkan wajah dan pake pelembap.

Saya masih setia dengan serum dari Improla yang 24K Gold Serum untuk malam hari dan Salmon DNA Serum untuk pagi harinya. Sedangkan, serum retinol dari The Originote-nya saya pake seminggu sekali di malam hari. Kalau lagi kurang tidur, biasanya saya juga nambahin Eye Serum dari The Originote tiap malam.


3. Tetap Hidrasi Wajah dengan Duo Combo: Aloe Vera Gel atau Pelembap

Sumber: Canva

Saya sudah sejak lama menggunakan aloe vera gel untuk wajah. Alhamdulillah, cocok, ya. Selama memakai aloe vera gel ini saya merasa kulit lebih lembap, halus, dan terasanya sehat aja gitu.

Sebagaimana yang kita tahu, aloe vera kan memang banyak kandungan nutrisinya, ya. Mulai dari vitamin  A, C, dan E yang mengandung antioksidan, asam amino, glukomanan, lipid, sterol, dan komposisinya aloe vera ini 99%-nya air jadi cocok banget buat si kulit kering.

Sedangkan untuk malam harinya, saya menggunakan pelembap atau sleeping mask agar menutrisi dengan maksimal semalaman. Produk yang sekarang sedang saya gunakan adalah Herborist Aloe Vera Gel, OMG Peach Glowing Cream, dan Viva White Waterdrop Sleeping Mask.


4.  Pastikan untuk Mengaplikasikan Sunscreen setelah Pelembap

Sumber: Canva

Sunscreen ini diaplikasikan setelah kita menggunakan pelembap. Tentunya di pagi sampai sore hari, ya. Sekalipun hanya beraktivitas di dalam rumah, sunscreen ini tetap harus diaplikasikan untuk memproteksi kulit kita.

Sunscreen yang paling saya suka dari brand OMG. Teksturnya gampang di-blend dan gak meninggalkan white cast di wajah. Tapi kadang-kadang saya juga pake dari brand Emina atau Wardah. Kebetulan untuk sunscreen ini kulit wajah saya bisa termasuk yang cocok-cocok aja pake brand apa pun.


5. Lip Balm atau Lip Tint biar Bibir makin Cakep

Sumber: Canva

Kondisi saat berpuasa seringkali bikin bibir kita kering. Saya pribadi, kalau lagi kondisi bibir kering termasuk yang males banget pake lip cream atau produk lipstick lainnya yang semakin membuat bibir gak nyaman.

Alhasil, biasanya kalau lagi puasa gini, saya lebih sering pake lip balm atau kalau mau warna bibir makin keliatan biasanya pake lip tint juga. Tapi pemilihan lip tint-nya yang teksturnya cair dan gak bikin bibir makin kering.

Produk lip balm yang sekarang lagi saya pake dari Viva White Chic on Lips yang Orange Blast, ini tipe lip balm yang gak berwarna ya cuma wanginya aja kayak jeruk. Sedangkan kalau untuk lip tint-nya lagi seneng pake OMG Juicy Kiss varian 03 Juice Peach, Dazzle Me Lip Tint varian R441 Rosie, atau OMG Glassy Lip Tint varian 01 Crepe.


Terus, Skincare buat Kulit Jerawatan Pake Apa, Nih?

Sumber: Shopee.com/Theraskin Kosmetika

Nah, kalau tadi kan skincare rutin saya yang tipe kulit kering. Tipe kulit yang sensitif apalagi jerawatan harus lebih telaten lagi pake skincare-nya. 

Salah satu produk yang bisa kamu coba adalah Theraskin. Produk skincare yang dikembangkan sejak tahun 2009 oleh dokter kulit dan apoteker ini bisa kamu pilih sebagai ikhtiar untuk merawat kulit yang berjerawat. Gak perlu khawatir, Theraskin ini sudah berstandar BPOM, bersertifikat halal, dan pastinya aman. 

Theraskin ini punya banyak produk dengan permasalahan wajah kita, kalau yang berjerawat bisa coba rangkaian Advanced Acne Basic yang terdiri dari empat produk nih, seperti Advanced Acne Facial Wash, Advanced Acne Toner Essence, Advanced Acne Face Cream, dan Advanced Acne Protection Day Cream.

Gimana-gimana, udah mantep banget kan, skincare kita selama bulan Ramadan. Yap, pokoknya gak boleh skip perwatan wajah selama Ramadan biar pas Lebaran wajah semakin glowing~


You May Also Like

0 komentar

©