Kegiatan Sosial di Bulan Ramadan: Senangnya Bisa Berbagi Kebahagiaan

by - 6:00 AM


Bulan Ramadan tinggal hitungan hari lagi, ya? Beneran gak berasa, udah mau selesai lagi. Walaupun menjalaninya ternyata gak semudah itu juga, sih. Jujur, buat saya yang hitungannya masih ‘newbie’ di dunia pernikahan, momen Ramadan ini rasanya lebih menantang.

Tapi apapun tantangannya, tetap harus dijalani dan dinikmatin, ya? Nah, salah satu hal yang menyenangkan dari bulan penuh berkah ini adalah masih bisa berbagai rezeki melalui beberapa kegiatan sosial di sekitar.

Kegiatan sosial yang paling mengesankan adalah menyediakan takjil untuk masjid sekitar rumah. Kegiatan ini biasanya bergiliran gitu tiap harinya selama Ramadan. Tentunya, saya pun gak mau ketinggalan, ya, ikut menyediakan takjil berupa puding dan gorengan untuk bapak-bapak atau anak-anak yang ikutan buka puasa di masjid.

Rasanya memang lebih rempong sih, karena nambah kegiatan memasak. Tapi entah kenapa ada perasaan bahagia yang sulit dideskripsikan saat menyediakan makanan terbaik untuk dinikmati banyak orang. Oh iya, saya lebih memilih untuk memasak sendiri dibandingkan pesan makanan yang sudah jadi.

Selain urusan lebih hemat, citarasanya tentu lebih terjamin dan bisa jadi lebih banyak. Semua bahan-bahannya masih fresh dan terbaik selayaknya kalau bikin makanan untuk orang rumah. Menu takjil yang saya bikin adalah kroket isi mie, tahu isi, dan puding nata de coco.

Tidak hanya menyediakan takjil untuk masjid sekitar, kegiatan sosial selama Ramadan ini yang gak kalah serunya adalah ikut berpartisipasi dalam pembelian sembako untuk orang-orang yang membutuhkan. Ini sama menyenangkannya, kebetulan kalau kegiatan ini kolektif dengan komunitas perempuan yang ada di daerah saya.

Tempat yang gak boleh dilewatkan untuk berkegiatan sosial adalah panti yatim dan dhuafa. Di tempat kami, ada salah satu panti yatim yang memang mengadakan beberapa kegiatan seperti menyediakan makanan berbuka puasa, sahur, hadiah untuk anak yatim, dan kegiatan lainnya. 


Refleksi Diri selama Bulan Ramadan 

Peluang untuk memperbanyak sedekah sangat terbuka lebar di bulan Ramadan. Bukan urusan besar atau kecilnya, ya, namun seberapa ikhlas kita dalam mengeluarkan harta untuk kegiatan-kegiatan sosial yang membawa kebermanfaatan untuk banyak orang.

Ada banyak hal-hal bernilai ibadah yang bisa dilakukan saat bulan suci ini. Saya pribadi merasanya masih belum maksimal sebenarnya dalam menjalankan ibadah-ibadah di bulan ini, tapi semoga keberkahannya tetap menyelimuti keluarga kami. Aamiin~

Semoga bulan Ramadan tahun ini membawa banyak kebahagiaan untuk kamu dan keluarga, ya. Yuk, makin semangat beribadah di sepuluh terakhir Ramadan ini~

You May Also Like

0 komentar

©