5 Tempat Wisata Favorit di Kampung Halaman, Orang Bandung Selatan Pasti Udah Gak Asing Deh

by - 11:24 AM


Mendekati penghujung Ramadan memang paling mantep bahas tempat-tempat wisata. Tentunya untuk referensi liburan keluarga setelah bersilaturahmi. Saya sejak kecil tinggal di daerah yang namanya Banjaran secara administratif masuk ke wilayah Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Disclaimer dulu, kalau wilayah kabupaten Bandung itu cukup luas sekitar 1.762 km² yang terdiri dari 31 kecamatan. Sebagian besar wilayah kabupaten Bandung adalah dataran tinggi jadi sudah pasti destinasi wisatanya gak jauh-jauh dari wisata pegunugan, ya.

Nah, saking luasnya wilayah kabupaten Bandung ini (dan tingkat kemacetannya yang gak kaleng-kaleng), kami sering menjuluki untuk wilayah Banjaran, Soreang, Pangalengan, dsb ini termasuk ke kabupaten Bandung bagian selatan. Bersyukurnya, sekarang udah ada jalan tol Soroja yang menghubungkan wilayah Soreang, Kabupaten Bandung dengan Kota Bandung dan kota-kota lainnya. Jadi, jarak tempuh sedikit teratasi.

Baiklah, langsung aja kita bahas tempat-tempat wisata yang biasanya jadi favorit di kabupaten Bandung bagian selatan~


1. Kawah Putih yang masih jadi favorit wisatawan

Sumber: Kompas

Hampir sebagian besar warga Jawa Barat kayaknya udah pernah denger tentang Kawah Putih ini. Salah satu destinasi wisata yang masih jadi favorit sampai saat ini. Lokasinya di Jalan Raya Soreang, Sugih Mukti, Pasir Jambu, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Kawah putih adalah danau yang terbentuk dari letusan gunung Patuha. Kawahnya dikelilingi pasir putih dengan warna air putih kehijauan. Suasananya yang sejuk dan segar membuat kamu betah berlama-lama di tempat ini.


2. Nge-camp bareng keluarga di Rancaupas Smart Camp Adventure

Sumber: Wisata-id

Rancaupas masih berada di wilayah Ciwidey, tepatnya di Jalan Raya Ciwidey-Patenggang, Km.11 Alam Endah, Ciwidey, Bandung, Jawa Barat. Luas areanya sekitar 215 hektar berada di ketinggian 1700 mdpl dengan suhu berkisar 17-10 derajat Celcius.

Jika tidak berencana untuk camping, ada beberapa alternatif wisata di area ini, seperti mengunjungi penangkaran rusa, menikmati permainan outbond, atau berendam di pemandian air panas Kampung Cai.


3. Menikmati Hamparan Kebun Teh di Taman Langit Pangalengan dan Wayang Windu Panenjoan

Sumber: Kontan

Baru-baru ini bukan cuma wilayah Ciwidey saja yang kaya akan destinasi wisata, rupanya wilayah Pangalengan pun sudah banyak bermunculan tempat-tempat wisata yang sama serunya.

Salah satunya adalah Taman Langit Pangalengan dan Wayang Windu Panenjoan. Kedua tempat wisata ini menyajikan pemandangan hamparan kebun teh, langit yang cantik, dan beberapa spot foto yang estetik banget. 

Taman Langit Pangalengan berlokasi di Kp. Puncak Mulya, Jalan Cukul, Sukaluyu, Pangalengan, Kabupaten Bandung. Sedangkan Wayang Windu Panenjoan berlokasi di Jl. Raya Pangalengan No.42, Pangalengan, Kec. Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.


4. Kampung Singkur Pangalengan untuk kegiatan outbond dan camping ceria

Sumber: Info Wisata Bandung

Tidak lengkap rasanya jika tidak berkegiatan yang menguras adrenalin. Kampung Singkur yang berlokasi di Jalan Raya Situ Cileunca KM. 4 Pangalengan, kabupaten Bandung, menyajikan wisata alam yang seru dan menyenangkan.

Mulai dari camping dengan fasilitas yang sudah tersedia, rafting, ATV, flying fox, sampai paint ball. Pemandangan yang tersaji pun bikin kamu tenang dan nyaman. Paling pas bawa rombongan keluarga untuk datang ke tempat wisata ini.


5. Pemandian Air Panas di Cibolang yang Bikin Rileks

Sumber: Salsa Wisata

Berendam di kolam air panas bisa kamu pilih untuk berwisata bersama keluarga. Masih di daerah Pangalengan, kamu juga bisa menikmati dinginnya udara pegunungan sambil berendam air panas.

Terdapat dua kolam di tempat ini, kolam regular yang dipakai bersama-sama dan kolam VIP yang kapasitasnya lebih sedikit. Tentunya, untuk masuk ke kolam VIP ada tiket lagi, ya. Jadi tinggal dipilih aja sesuai keinginan.


Terakhir, Wajib Banget Bawa Pulang Kopi Hasil Petani Bandung Selatan

Jujur, masih banyak sebenarnya tempat wisata menarik di wilayah kabupaten Bandung ini. Tapi tentunya rempong banget ya kalau harus ditulis semuanya, wkwk. Oh iya, buat kamu pecinta kopi, saran saya wajib banget sih nyobain kopi atau racikan kopi yang ada di kabupaten Bandung.

Kamu bisa dateng ke salah satu dari coffeeshop yang menurut saya kopinya the best, yaitu Dahan Kopi, Kawitan Coffee & Eatery, atau Malabar Mountain Coffee. Ketiga coffeeshop ini menggunakan kopi hasil bumi di wilayah kabupaten Bandung.

Nah, jika ingin membawa pulang oleh-oleh berupa biji kopi, saran saya kamu mesti nyobain Kopi Banjaran, Siki Coffee, atau Puntang Coffee. Ketiga biji kopi ini punya rasa khas masing-masing dan ketiganya worth it untuk dijadikan oleh-oleh.

Jadi, selamat berkumpul bersama keluarga dan liburan bareng~


You May Also Like

0 komentar

©