Ilmu Tumbuh Kembang Bayi yang Cocok untuk Calon Orangtua Baru - Pedoman Tumbuh Kembang Anak 0-72 Bulan by Alkindikids

by - 10:03 AM

 


Blurb

Bagi para ibu muda yang baru merasakan kehadiran anak pertama, sering kali masih butuh bimbingan dalam menjaga dan memantau perkembangan anak terutama di usia 0 sampai 6 tahun yang merupakan the golden age. Memberikan stimulus yang tepat pada anak dapat menjadikan anak bertumbuh dengan maksimal.

Buku Pedoman Tumbuh Kembang Anak 0-72 Bulan hadir menjadi solusi para ibu dalam memantau perkembangan anak. Terdapat tabel tahapan perkembangan anak berdasarkan KemenKes RI serta dilengkapi dengan ide stimulasi sesuai dengan usia dan tahapannya. Dengan desain visualisasi yang ceria membuat buku ini mudah dibaca dan dipahami.


Review

Saya inget banget nih dapet buku ini gegara ditawarin sama kakak sepupu karena sebelumnya saya sempet order buku cerita anak berseri sama doi. 

Awalnya saya menolak tuh soalnya budget bulanan udah menipis karena bulan lalu udah beli buku, kan, tapi setelah saya pikir-pikir lagi… kayaknya beli aja deh, toh, saya yang masih belum pengalaman punya anak ini bener-bener gak tahu tentang tahapan tumbuh kembang anak dan cara stimulasinya.

Jadilah, buku ini sampai di tangan saya sejak November tahun lalu, tapi baru bener-bener dibaca sekarang ini, wkwk.

Secara materi, buku ini mengambil rujukan penuh dari buku Pedoman Kementrian Kesehatan 2019 yang mungkin buat ibu-ibu yang udah punya bayi dan anak udah dapet edukasi dari bidan atau dokter anak-nya, ya. Jadi mungkin bakalan gak asing sama materi-materi yang ada di buku ini.

Ilustrasinya gemes banget

Nah, sebagai calon orangtua baru, saya merasa butuh untuk tahu lebih dulu tentang step by step tumbuh kembang bayi dan anak serta bagaimana memaksimalkan stimulasinya. Buku ini menyajikan materi tersebut. Tahapan tumbuh kembang ini meliputi gerak kasar, gerak halus, bicara dan bahasa, serta sosialisasi dan kemandirian.

Sesuai judulnya, buku ini akan membahas tumbuh kembang dan stimulasinya dari usia 0-72 bulan. Menuju bagian akhir buku ini, kita akan diberikan tabel Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP) Berdasarkan Usia, ini bisa jadi guideline bagi kita sebagai calon ibu agar bisa memantau tumbuh kembang anaknya. 

Walaupun untuk validasinya, saya rasa kita bisa datang ke dokter anak atau klinik tumbuh kembang anak untuk memastikan bayi/anak kita sudah tumbuh dan berkembang sesuai tahapan usianya.

Lalu, bagaimana visualisasi bukunya? Bukunya colorful! Penuh dengan warna dan gambar bikin kita yang baca gak bosen. Ini jadi nilai plus yang cukup menarik dari buku ini. Semakin eksklusif karena menggunakan hard cover.

Kekurangnnya cukup minim, sih, seperti typo satu atau dua huruf di dua halaman. Beberapa halamannya terasa terlalu padat karena terdiri dari 12 baris dalam satu paragraf. Ini ada di halaman 100 contohnya, mungkin akan lebih nyaman bagi pembaca jika dipecah menjadi dua atau tiga paragraf saja.

Selain itu, kebetulan, saya dapet buku yang dua halamannya masih menempel di bagian ujung kanan atasnya sehingga harus saya potong sendiri dengan bantuan cutter

Ada Tabel KPSP-nya juga

Sejauh ini, materi di dalam bukunya bisa nge-guide para calon orangtua baru untuk lebih aware tentang pertumbuhan dan perkembangan anaknya dari mulai 0 bulan. Lebih penting lagi jika setiap stimulasinya bisa terus diupayakan agar bayi dan anak bisa tumbuh dengan maksimal.

Setiap orangtua pasti menginginkan bayi dan anaknya tumbuh dengan sehat dan cerdas. Untuk itu, setiap bayi dan anak pun berhak untuk memiliki orangtua yang tidak penah bosan menggali ilmu parenting mulai dari ilmu tumbuh kembang anak, ilmu pengasuhan anak, sampai ilmu untuk memfasilitasi anak agar stimulasinya lebih maksimal.

Yuk, calon orangtua hebat, kita upgrade terus pengetahun parenting untuk mendampingi anak-anak kita yang lebih hebat~

You May Also Like

0 komentar

©