Camilan Praktis buat Orang Rumah, Inilah Resep Spaghetti Brulee Anti Gagal

by - 5:30 PM


Sebenarnya, udah sebulanan lebih bikin Spaghetti Brulee ini namun belum sempat menuliskannya di blog. Jadilah, saat ini adalah saat yang tepat untuk mendokumentasikan hasil masakan yang udah dibikin dari lama.

Berawal dari dapet konten-konten bebikinan camilan di TikTok, akhirnya saya tertarik untuk recook resep Spaghetti Brulee dari kontennya kak @syahdinanda tapi bedanya saya menggunakan keju oles dan keju mozarella nih untuk saus bechamel atau saus yang berwarna krem di atas spaghetti-nya.

Sebelum berlanjut ke cara membuatnya, mari kita cari tahu dulu tentang  fun fact dari Spaghetti Brulee ini. Agar tidak planga-plongo dan sekadar menikmati kelezatannya saja.

Tren camilan ini booming di Indonesia saat masa pandemi di pertengahan tahun 2020. Makanan ini menggabungkan spaghetti bolognese dengan saus bechamel yang creamy


Menelusuri Fun Fact dari Hidangan Spaghetti Brulee

Sumber: Pexels/Jade

Dilansir Detikfood, sebenarnya tidak jelas asal usul nama spaghetti bruule ini namun mereka menduga kata 'Bruule' diambil dari nama channel YouTube Bruule TV yang pertama kali mengenalkan makanan ini. Saat itu, sang kreator menunjukkan kelezatan dan cara membuat hidangan ini.

Kata 'bruule' mungkin juga akrab dengan telinga kita, karena kata ini punya arti 'dipanggang' atau 'dibakar' dalam bahasa Prancis secara umum. Contohnya saja ada hidangan yang bernama creme bruule sejenis puding lembut dengan saus karamel yang dipanggang.

Spaghetti bolognese mungkin akan terasa biasa saja karena memang kita sudah familiar dengan makanan ini. Namun jika spaghetti bolognese ditambahkan saus bechamel di atasnya, kemudian dipanggang dalam oven, tentu jadi hidangan lain lagi nih.

Ngomong-ngomong tentang saus bechamel, saus ini terkenal juga dengan sebutan saus putih yang poluper di Prancis. Saus ini termasuk dalam salah satu saus utama dalam kuliner klasik Prancis. Bahan utamanya adalah susu dan roux (campuran mentega dan tepung terigu).

Dalam pembuatan Spaghetti Brulee, saus bechamel ini ditambahkan bumbu-bumbu lainnya dan keju agar rasanya lebih creamy dan mengingatkan orang-orang pada creme bruule. Walaupun, secara rasa jelas berbeda jauh, ya.

Hal unik lainnya, spaghetti brulee ini juga cocok dengan cabe kering. Tentu untuk orang Indonesia yang doyan pedas, sih, udah gak heran lagi, ya. Jadi, kalau kamu suka pedas, tenang aja, hidangan ini sudah bertransformasi dan akrab di lidah orang-orang Indonesia. Rasanya gak bakalan aneh, deh.

Tren Spaghetti Brulee yang sempat viral ini akhirnya memunculkan inovasi makanan lain yang mungkin pernah kamu temui juga, yaitu Brulee Bomb (sejenis bitterbalen dengan saus bechamel) dan Brulee Shirataki (mie shirataki dengan saus bechamel).


Resep Spaghetti Brulee Anti Gagal yang Wajib Dicoba

Akhirnya, Spaghetti Brulee bikinan sendiri sudah jadi

Spaghetti Brulee yang saya bikin ini kayaknya sih masih banyak kurangnya. Saya pribadi masih belum puas dengan hasilnya karena ada beberapa hal yang sepertinya sih perlu ditambahin atau mungkin dikurangin.

Jadinya, di resep kali ini saya mau kasih takaran yang sekiranya ideal nih dalam satu resep. Yuk, langsung aja~

Bahan Spaghetti Bolognese

  • 100-150 gr spaghetti (waktu saya bikin, saya pake 200gr spaghetti dan jadinya banyak tapi saus bolognese-nya kurang, wkwk)
  • 250gr saus bolognese merek apa pun (waktu saya bikin, pake merek Bolognaisku tapi rasanya kurang sih, masih lebih enak yang merek La Fonte)
  • 120gr kornet sapi (saya lebih suka yang merek Pronas)
  • 1 butir bawang bombay, cincang
  • 1 sdm mentega
  • garam secukupnya
  • lada secukupnya
  • sosis  secukupnya (opsional aja)
  • oregano secukupnya
Cara membuatnya:
  1. Rebus air di dalam panci dan masukan spaghetti-nya. Tambahkan sedikit minyak goreng dan garam.
  2. Tunggu sampai Al dente kemudian tiriskan.
  3. Lanjut memasak saus bolognese. Pertama-tama, masukkan mentega dan bawang bombay kemudian tumis sampai matang. 
  4. Masukkan kornet dan sosis, kemudian tuang saus bolognese dan taburi oregano.
  5. Setelah saus bolognese jadi, masukkan spaghetti-nya dan aduk sampai merata.

Bahan Saus Bechamel
  • 2 sdm mentega
  • 2 sdm tepung terigu
  • 300 ml susu cair
  • keju oles secukupnya (saya pake setengah pack keju oles merek Prochiz)
  • keju mozarella secukupnya
  • garam, lada, penyedap rasa secukupnya
Cara membuatnya:
  1. Masukkan mentega sampai cair, lalu tepung terigu. Setelah itu masukkan susu cair secara bertahap sampai tepung terigunya tercampur dengan susu.
  2. Masukkan keju oles dan mozarella sampai tercampur rata dan tidak menggumpal.
  3. Masukkan garam, lada, dan penyedap rasa, serta koreksi rasanya.

Mari kita lanjutkan cara membuat Spaghetti Bruule-nya

Saya punya catatan penting nih. Berhubung saya pake 200gr spaghetti ternyata saus bechamel ini gak cukup. Jadi sih, sepertinya kalau spaghettinya di atas 100gr, mungkin butuh dua sampai tiga resep saus bechamel ini. 

Setelah spaghetti bolognese dan saus bechamel-nya jadi, saatnya menuangkan ke dalam wadah alumunium. Saya pake yang bentuknya kotak kecil ini. Lupa banget pake ukuran berapa, ya.

Dengan 200gr spaghetti yang saya masak, hasilnya dapet 20pcs. Sayangnya, yang terisi saus bechamel cuma 10-12 pcs aja. Makanya saya bilang sebelumnya, kayaknya sih butuh bikin dua sampai tiga resep saus bechamel kalau pake 200gr spaghetti.

Sebelum di oven, pakein dulu oregano biar wangi semriwing. Saya pakenya oven tangkring dan cukup lama sih sekitar 1 jam baru hasilnya oke.

Sepertinya sih, akan lebih bagus hasilnya kalau pake oven listrik atau air fryer. Selain hasilnya lebih bagus, suhu panasnya pun lebih stabil.

Nah, jadi begitulah pengalaman saya bebikinan Spaghetti Bruule. Walaupun saya merasa belum bagus hasilnya, tapi dari segi rasa tetep enak kok.

Langsung ludes dinikmatin orang rumah dan bagi-bagi ke orangtua serta sodara terdekat. Jadi, selamat mencoba, yaa~

You May Also Like

0 komentar

©