#EdisiTraveling: Menuju Puncak Mega 2222 Mdpl [Part 1]

by - 5:19 PM

Waktu yang saya nantikan akhirnya tiba. Hari kedua dari bulan Januari ke 2015 ini, saya buka dengan pendakian ke Puncak Mega punyanya Gunung Puntang. Lokasi pegunungannya engga terlalu jauh dari rumah saya. Berhubung belum pernah ke puncaknya, dan ada orang-orang yang siap jadi guide-nya, akhirnya saya memutuskan untuk ikut pendakian ini.

Sehari sebelum pendakian, saya mengumumkan rencana ini sama orang-orang rumah. Spontan, adik laki-laki saya langsung merespon pengen ikut. Dia mulai ngajakin temen-temennya untuk bergabung dan mulai pinjem-pinjem carier. Alhasil terkumpullah orang-orang yang akan menaklukkan Puncak Mega sebanyak tujuh orang. Saya, adik saya, tiga orang teman saya (Peri,Ubi, Naqi) dan dua orang teman adik saya (Uloh dan Akmal).

Puncak Mega 2222 Mdpl

Malam, 2 Januari 2015
Sesuai perjanjian di hari-hari sebelumnya dan pemantapan kesiapan lewat sms, kami semua sepakat bertemu di rumah saya. Pukul 11:00, Uloh dan Akmal udah dateng duluan karena rumah mereka emang  deket sih dari sini mah, terus sering maen juga sama adik saya. Jadi mereka berdua yang paling rajin duluan dateng. Sekitar pukul 11:30, Naqi juga minta dijemput di pom bensin deket rumah saya. Naqi dateng sendiri, saya kira dia bareng Peri dan Ubi.

Begitu dateng, Naqi langsung dikerjain dengan masak-masak soalnya Mama saya belum selesai bikin bekal makan untuk kami semua. Masak selesai sekitar pukul 13:00, Peri dan Ubi masih belum dateng. Naqi bilang, Ubi ada interview dulu di Sekolah Alam Gaharu karena Ubi nebeng ke Peri, Peri pun ikut nungguin Ubi disana. Pada pukul 15:00 mereka baru dateng ke rumah saya.

Kami berangkat ke lokasi pukul 16:00 dan nyampe sana sekitar pukul 16:30. Kami langsung mendaftarkan diri ke PGPI (Persatuan Gunung Puntang Indonesia) dan ngobrol-ngobrol sejenak sama Akang-akang yang jaga di PGPI. Kalo kata Peri sih, PGPI ini semacam pecinta alamnya Gunung Puntang. Bagi para pendaki, adanya PGPI ini sangat membantu selain mereka ini para sukarelawan pecinta gunung, mereka juga meminta para pendaki membawa bibit-bibit pohon untuk ditanam di gunung. Kami bawa tiga bibit tanaman loh :D.

Menanam bibit pohon bersama. Cepet gede yaah, pohon :D
Saya sih cuma salam-salaman aja sama Akang-akang PGPI ini, Peri dan Ubi yang banyak ngobrol-ngobrol tentang rute untuk pendakian. Daripada lewat pintu masuk Gunung Puntang-nya, lewat PGPI ini jauh lebih murah loh. Gini niih perhitungannya, sebenarnya kalo lewat PGPI gratis-gratis aja *kalo engga malu mah, Haha* tapi kan kita juga nitipin motor, istirahat sejenak dan pasti sebelum pulang bersih-bersih dulu. Peri mengusulkan untuk membayar Rp 10.000,-/orang. Kalo lewat pintu masuknya, selain harus bayar tiket masuk, ongkos parkir juga diitung permalemnya.

Sekitar pukul 17:00, kami mulai naik. Jangaan tanyaa… jangan tanyaaa… Gunung Puntang emang ampun! Baru awal naik aja, rute-nya tanjakan semua ga ada bonus-bonusnya. Akhirnya, saya yang punya berat badan berlebih harus berenti berkali-kali dan temen-temen saya dengan sabar nunggu, Hehe. Peri jadi leader dan mempimpin perjalanan, dibelakangnya ada Naqi dan adik saya. Adik saya bolak-balik, kalo engga di urutan kedua atau ketiga tergantung situasi. Dibelakang Naqi ada saya, Akmal, Uloh dan Ubi.

Saya berasa ngos-ngosan. Sumpaaah… medannya berat banget! Mendadak kepala saya jadi pusing dan pengen muntah *Hadeuuh, tapi untungnya ga muntah looh. Haha*. Dititik ini saya bener-bener minta berenti sama semuanya. Ampun deeh, badan saya kaget kayanya. Maklumlaah, biasanya cuma nyantei-nyantei tiduran di rumah. Ini so-so-an naek gunung. Haha.

Pemandangan menuju Puncak. Masih empat jam-an lagi.
Selama nungguin saya yang lagi pusing ga karuan, yang lainnya nungguin buat istirahat. Peri nawarin buat bawain tas saya *He’s so kind person, right? Uhuk!*, pengennya mah gitu siih.. Tataapii… kasian juga kalo dia harus bawain tas saya plus carier-nya, selain itu posisi dia di depan pula. Hadeuh, saya mah ngebayanginnya aja udah pasti beraaat ! Ditambah dia pun lagi ga fit. Akhirnya, saya memutuskan untuk tetep bawa tas saya sendiri dan mulai berdiri lagi.

Setelah cukup lama istirahat, kami mulai jalan lagi. Ubi nyemangatin saya buat naik terus dan jalan nyantei aja. Saya bersyukur, cuma saya aja yang ripuh kaya gini. Awalnya saya khawatir sama adik saya, tapi ternyataa diaa seetrong dan gagah sambil bawa carier. Naqi apalagi, cewek muslimah semi-ukhti ini emaang seetrooong begete-laah ! Saya mah salut sama dia, bawa carier yang –menurut ukuran saya sih- berat bangeeeet. Tapi dengan konsisten dia naik terus dan pergerakannya lumayan cepet.

Alhamdulillah, perjalanan malam itu tanpa hujan ataupun gerimis. Jadi jalanan yang kami lalui masih kering dan bertabur keindahan. Kalo engga salah ada empat pos gitu ya, dan jaraknya lumayan jauh-jauh sih. Karena saat itu malam, saya engga terlalu memperhatikan. Lagian rempong juga cin, udah mah gelaap-gelapan, jalanannya naik terus, daan capek! Hahaha.

Pemandangan menuju malam. Wuuzz.
How about the view? Subhanallah, bener-bener indah… Selama perjalanan naik, kami semua terpesona sama cantiknya kerlap-kerlip lampu Kota Bandung. Ini nih, bonusnya perjalanan malam. Kita bisa menikmati cantiknya lampu-lampu kota dari ketinggian. Mirip kunang-kunang, kuning-merah-hijau-oranye. Meskipun langitnya tertutup awan, tapi pemandangan di bawah sana, bener-bener jelas dan indaah.

Saya kira perjalanan ke Puncak Mega, engga beda jauh dengan Puncak Manglayang. Ternyataa dugaan saya salaah -,-. Mungkin sekitar 2-3 jam pertama, jalanannya ga ada ampun ! Naik teruus, ga ada landai-landainya. Kalo kata Ubi mah, ga ada bonus-bonusnya. Disini nih yang bikin saya ga kuat harus naik terus. Huft.

Pejalanan ke Puncak Mega udah ada jalurnya, kita tinggal ngikutin aja jalan setapak tanpa belok sana-sini *kecuali kalo mau buka jalur sih, Hihi*. Selama perjalanan yang menanjak itu kami hanya bertumpu pada akar-akar pohon, bebatuan kadang harus merangkak karena ga ada tumpuan. Kata Akmal mah, perjalanannya kaya ke Gunung Cikuray *saya kan belum pernah naik Cikuray, jadi ga tau. Haha*. Jalanan yang landai cuma dibeberapa spot aja, kebanyakan sih menanjak terus. Jalan landai yang cukup panjang saya temui sebelum naik ke Pos 2, setelah itu menanjak lagi.