Butuh 'Me Time'? 10 Rekomendasi Novel Terbitan 2017 Ini Bikin 'Me Time' Makin Asyik!

by - 6:00 AM

'Me Time' adalah kegiatan wajib yang harus dilakukan untuk setiap wanita. Saya mengkhususkannya dengan wanita karena makhluk hebat satu ini punya segudang aktivitas dari mulai pertama kali melek sampai detik-detik terakhir mau merem. Terlebih lagi bagi wanita yang sudah menikah baik sebagai fulltime mom and wife atau career women, saat-saat 'me time' harus banget terpenuhi.

Ada banyak cara melakukan aktivitas 'me time' yang menyenangkan. Bagi pecinta buku, salah satu 'me time' yang murah tapi butuh waktu untuk menikmatinya adalah menikmati buku ! Yap, saya bilang menikmati karena bukan hanya membaca namun memusatkan seluruh perhatian terhadap bacaan kita.

Nggak perlu bingung cari referensi novel, ada komunitas pecinta buku yang bertebaran di instagram yang terkenal dengan sebutan bookstagram, orang yang melakukan aktivitas bookstagram disebut bookstagramer. Namanya juga book lover, ya... Postingan instagram para bookstagramer ini berisi foto buku-buku yang mereka baca dan disertai review singkat tentang buku tersebut.

Jangan salah, foto-fotonya artistik banget ! Pokoknya bikin gemes yang kepo, deh. So, berikut ini adalah rekomendasi novel berbagai genre yang telah di posting oleh para bookstagramer Indonesia. Oh, ya, selain memang sengaja memilih bookstagramer dalam negeri, buku yang direkomendasikan ini semuanya penulis lokal juga, lho!

10 Rekomendasi Novel Terbitan 2017 dari Bookstagramer Indonesia

1. Extended Goodbye by Clara Canceriana

@rizkymirgawati
Jika kamu pecinta buku, mungkin nggak asing lagi dengan salah satu bookstagramer Indonesia bernama @rizkymirgawati. Buku bergenre teenlit ini diterbitkan oleh Bentang Belia pada Agustus 2017. Bisa dibeli melalui toko buku di seluruh Indonesia, atau secara online dengan harga Rp 58.650 di Bukukita

Novel ini bercerita tentang hubungan Mika dan Sam--dua anak SMA yang terlibat dalam perseteruan tiap kali bertemu. Sialnya, Mika selalu memergoki Sam saat akan berbuat nakal seperti bolos sekolah, merokok, atau hal lainnya. Remi--teman Sam di tim bisbol malah nantangin Sam untuk pdkt sama Mika ditengah persetuan yang tiada henti. Padahal, Mika masih punya pacar meskipun beberapa keanehan mulai terlihat dalam diri Daniel. Yap, kelanjutan kisahnya bisa dibaca dalam novel ini!

2. Aftertaste by Sefryana Khairil

@yessielrismar
Bookstagramer selanjutnya yang (pernah) saya kenal secara nyata, hehe dan semakin serius menekuni dunia bookstagram ini adalah @yessielrismar. Hasil fotonya makin sini makin kece! Aftertaste terbit pada Februari 2017 oleh GagasMedia. Aftertaste bisa dibeli secara offline atau online di tokopedia dengan harga Rp 66.300.

Novel berkisah tentang dua orang chef bernama Farra dan Narend yang terlibat dalam konflik karena berada di dapur yang sama Bellaria--sebuah restoran Italia. Di balik sikap dingin dan kerasnya Narend, ternyata ia mengidap penyakit serius namun Narend tidak ingin orang-orang mengetahuinya. Siapa sangka jika ketidaksukaannya Narend terhadap Farra justru semakin lenyap, dan membuat Praya--adik Narend cemburu karena kedekatan keduanya. Kelanjutannya? Silakan miliki buku ini segera!

3. The Darkest Ray by Sanaz Nadya & Andyrama

@sulhanhabibi
Bosan dengan novel yang gitu-gitu aja? Nah, bookstagram @sulhanhabibi mengulas The Darkest Ray terbitan Elex Media Komputindo pada September 2017. The Darkest Ray dapat dibeli secara offline atau online seharga Rp 68.800 di bukalapak.

Oke, novel bergenre fantasi ini mengisahkan Afsheen--seorang tabib istana dan Hara--seorang penyihir. Keduanya bertemu di Brillantor--sebuah negeri yang tidak tersentuh matahari selama dua dekade. Keduanya bertemu yang memperebutkan tahta, ambisi dan perkelahian darah. Hara dengan segala strateginya berniat menguasai seluruh negeri untuk membalaskan dendamnya. Afsheen dan keteguhannya berniat menyatukan Brillantor untuk menemukan keadilan. Kedua tujuan itu terhalang satu hal, Sang Sinar Kegelapan, cahaya paling gelap yang ada di seluruh alam semesta yang tengah merengkuh jiwa untuk tujuannya sendiri.

4. Love Theft by Prisca Primasari

@bookism.gia
Novel bertema romance-semi crime ini diulas oleh bookstagramer @bookism.gia. Love Theft diterbitkan ulang oleh Penerbit Inari pada Agustus 2017. Mulanya, penulis menerbitkan Love Theft ini secara indie. Love Theft bisa didapat secara online dapat dibeli di bukalapak dengan harag Rp 68.000. Love Theft ini berseri, ya. Seri keduanya berjudul Love Heist.

Berkisah tentang kehidupan Frea sebagai mahasiswi dan sindikat kriminal. Yap, Frea bersama Liquor, Night, dan Tarantula terikat dalam sebuah sindikat pencurian barang-barang mewah milik orang kaya. Uang atau harta berharga milik orang kaya kemudian dibagikan secara cuma-cuma kepada orang miskin. Mirip dengan kisah Robin Hood, gitu. Yap, siapa sangka ternyata Frea punya ketertarikan terhadap Liquor yang sangat misterius! Selengkapnya langsung baca aja, ya!

5. Nerdy Girl by Alnira

@kiranatya31
Novel romance ini disajikan dengan cantik oleh bookstagram @kiranatya31. Nerdy Girl bermula dari Wattpad kemudian berakhir pada penerbit Diva Press, dipublikasikan pada September 2017. Nerdy Girl dijual secara online dengan harga Rp 72.000 di Rumah Buku.

Kisah Hara dan Jo yang bertemu kembali dalam keadaan berbeda namun Jo masih tetap sama. Sama semena-menanya seperti saat mereka berada di kelas yang sama saat SMP. Alur cerita maju-mundur, membuat novel ini lebih asyik dinikmati dan bikin senyam-senyum sendiri. Jo yang selalu mengganggu Hara sejak SMP rupanya menyimpan rasa yang tidak pernah ia nyatakan. Adu mulut tentu saja sering terjadi antara kedua manusia ini. Kira-kira mereka bersatu nggak, ya?

6. Ask Me What You Did by Jacq

@caramelmachiato91
Bookstagramer yang tidak asing lagi adalah @caramelmachiato91. Bookstagramer Indonesia ini mereview Ask Me What You Did terbitan Bhuana Ilmu Populer pada Agustus 2017. Bisa didapatkan secara offline di toko buku atau secara online di Buku25 dengan harga Rp 42.000.

Buku ini bercerita tentang kisah Nuna--mahasiswi yang berpacaran dengan Fabian--dosennya di kampus. Hubungan dosen-mahasiswi membuat keduanya harus menjalani backstreet. Sampai akhirnya, Fabian berniat untuk menikahi Nuna secepatnya namun Nuna menolaknya dengan alasan masih merasa trauma dengan retaknya pernikahan kedua orangtuanya. Belum lagi, Mama Nuna yang tidak setuju jika anaknya harus menikah muda. So, bagaimana nasib hubungan mereka?

7. The Lost Bride by Ghina Amanda

@dmzcharming
Buku genre romance ini akan membuatmu semakin menikmati waktu me-time makin asyik. Yap, @dmzcharming mereview buku terbitan Moka Media ini. The Lost Bride terbit pada Februari 2017 dan dapat dibeli secara online di BukuKita seharga Rp 52.000.

Jangan berspekulasi kalau buku ini bercerita tentang pengantin yang kabur di hari pernikahannya, ya... karena memang bukan itu ceritanya. Di mulai dengan ulang tahun ke-27 yang baru saja dirayakan oleh Tristan, setelah mendapatkan hadiah berupa drone. Dalam perjalanan pulang dari kantor, Tristan nyaris saja menabrak seorang gadis yang ternyata lupa ingatan, gadis itu bahkan tidak mengingat namanya. Akhirnya Tristan yang bingung membawa gadis itu ke rumahnya dan segera meminta bantuan Yulenka--gadis berusia 9 tahun yang masih tetangga Tristan untuk membantunya merawat gadis amnesia ini. Kisah lengkapnya bisa kamu temukan dalam buku ini !

8. Sophismata by Alanda Kariza

@lalabook.land
Sophismata terbitan Gramedia ini diulas oleh @lalabook.land. Terbit pada bulan Juli 2017 dan bisa dibeli lewat toko buku atau online di Tokopedia dengan harga Rp 52.000. Buku ini mengemas kisah cinta dan politik menjadi satu paduan yang pas dan asyik untuk dinikmati.

Bercerita tentang Sigi--seorang staf administrasi anggota DPR yang tidak pernah menyukai dunia politik namun tetap bertahan untuk bekerja di bidang ini karena atasannya yang bernama Johar Sancoyo--seorang aktivis reformasi yang cukup terkenal pada masa lalu. Sigi begitu mengidolakannya. Sayangnya, Sigi sering kali diremehkan karena ia seorang perempuan dan tanpa gelar S2. Persepsi Sigi mengenai politik mulai berubah saat ia bertemu kembali dengan Timur. Timur dengan ambisinya dan niat mulianya mampu mengubah pandangan Sigi. Yeay, selengkapnya langsung baca aja, ya!

9. What A Boss Want by Christian Simamora

@fanbookgirlbali
Buku ini diulas oleh @fanbookgirlbali. What A Boss Want diterbitkan oleh Roro Jaya Sejahtera pada Agustus 2017. Buku ini bisa dibeli secara offline atau online di Tokopedia dengan harga Rp 77.600.


Novel ini mengisahkan tentang Jio--Direktur baru Toybox tempat Sol bekerja sebagai staf desain. Sol jatuh cinta pada pandangan pertama terhadap bosnya. Sebuah ciuman tiba-tiba yang dilakukan Sol kepada Jio saat dalam perjalanan menuju Sanghai Toy Expo, membuat keduanya menyatakan perasaan mereka masing-masing. Sayangnya, mereka memilih untuk backstreet saat berada di tempat kerja.  Rahmat--sepupu jauh Jio yang juga bekerja di sana malah menjodohkan Sol dengan rekan kerjanya yang lain, belum lagi tentang masa lalu Jio yang selalu backpacker-an karena sebuah alasan. Bagaimana hubungan Jio dan Sol selanjutnya? Langsung baca aja!

10. Dharitri by Nellaneva

@salwabalfas
Novel bergenre fantasi ini diulas oleh bookstagramer @salwabalfas.  Dharitri diterbitkan oleh Inner Child Crowdfund Publisher pada April 2017, bisa dibeli secara online di Bukalapak dengan harga 67.500.

Menceritakan tentang sebuah tempat bernama Dharitri--negara pembangkang yang menolak konsep Dunia Baru. Aran dan Shreyas sebisa mungkin mencari cara untuk mempertahankan negara tersebut. Kisah bermula dari Ranala--perempuan dari Dunia Baru yang sudah frustasi karena kegagalan untuk yang ketiga kalinya masuk ke Persatuan Unit di tempatnya. Karena tidak tahu harus ke mana, ia memilih untuk mengabaikan jam malam yang berlaku dan pergi ke pinggiran sungai. Kejadian itu begitu cepat, sampai-sampai ia hanya bisa berpikir bahwa dia mati saat itu. Nah, kelanjutan kisahnya bisa langsung dibaca dalam Dharitri, ya!

So, selamat menikmati me-time-mu sambil membaca kesepuluh rekomendasi novel ini, yaa!


Bandung, 201017

You May Also Like

0 komentar

©