5 Hal yang Bikin Sarikaya Jadi Menu Takjil Paling Menggugah Selera

by - 2:29 PM


Beberapa waktu lalu saya dan Mama bikin camilan yang cocok banget dihidangkan sebagai takjil saay berbuka puasa. Yap, hidangan itu adalah Sarikaya. Saya kurang tahu juga apakah ini makanan khas dari Sunda atau hasil modifikasi? Saya dapet resep ini dari temennya Mama saya.

Campuran santan, gula merah, dan kelapa muda seolah menari-nari di mulut dan bikin ketagihan. Aslinya, makan sarikaya ini nggak cukup sekali. Yaa, minimal dua atau lebih! Tapi jangan berlebihana, pliiiiisss! Soalnya itu makanan berkalori berat, bisa-bisa berat badan langsung naik. Hahaha.

Sarikaya yang baru diangkat dari kukusan

1. Sarikaya punya rasa yang legit dan bikin nagih
Sarikaya ini memang kenikmatan dunia yang tidak dapat kau dustakan. Sebagai yang dulunya nge-judge makanan ini nggak enak, setelah dicicipi lebih intens ternyata rasanya bener-bener legit dan bikin nagih. Iyaaaa, saya ketagihan. Punya resep Sarikaya ini bikin hemat pengeluaran, soalnya satu cup kecil Sarikaya dijual 2.500.

2. Kandungan bahan dalam resep Sarikaya kaya dengan serat dan manfaat
Sebut aja salah satu kandungan bahan Sarikaya ini adalah kelapa muda, telur, gula merah, dan santan. Keempat bahan-bahan ini punya nilai gizi yang tinggi. Apalagi buat anak-anak yang membutuhkan asupan kalori dan energi tinggi. Dengan Sarikaya, kebutuhan saat berbuka dapat terpenuhi. Dijamin nggak bikin lemes deh buka puasanya.  

3. Proses pembuatan Sarikaya sangat simpel
Nah, mungkin ini yang ditunggu-tunggu, ya... Resep Sarikaya! Yap, simpel banget dan cuma butuh kemauan serta niat untuk membuat menu takjil ini. Yuk, sini saya bisikin bahan-bahan dan langkah pembuatannya.

Bahan-bahan:
4 butir telur
3 gelas santan
250 gram gula merah
100 gram gula pasir
Roti tawar secukupnya
Kelapa muda secukupnya
Vanili secukupnya
Daun pandan secukupnya

Langkah pembuatan:
1. Siapkan dan panaskan kukusan.

2. Kocok telur sampai mengembang, kemudian masukkan santan, gula merah, gula pasir dan tambahkan vanili lalu aduk rata.

3. Siapkan cup kecil untuk wadah dan isi dengan roti tawar secukupnya. Jangan terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit. Perbandingannya sekitar 3/4 wadah.

4. Masukkan adonan telur, santan, gula merah dan gula pasir ke dalam cup tersebut. Tambahkan kelapa muda dan daun pandan di atasnya.

5. Kukus Sarikaya yang masih mentah kurang lebih selama 10 menit.

6. Sarikaya siap dihidangkan. Lebih nikmat jika dalam keadaan dingin.

4. Tips membuat Sarikaya agar tambah enak
Proses pembuatan Sarikaya yang berhasil adalah saat ada rongga-rongga di dalam adonannya. Tekstur dari Sarikaya ini sangat lembut dan meleleh di mulut. Jika suka dengan kelapa muda, boleh ditambahkan lebih banyak kelapa mudanya, tapi jangan terlalu banyak memasukkan roti dalam wadah. Karena akan mempengaruhi penampakkan adonan.

5. Sarikaya bisa jadi menu takjil yang menggugah selera
Sarikaya memang camilan lezat dan punya rasa yang lumer di mulut. Apalagi dalam keadaan dingin, Sarikaya lebih nikmat lagi, lho. Nggak percaya? Cobain, deh!

Untuk satu resep ini bisa jadi sekitar 20-an Sarikaya dalam cup kecil. Rasanya resep ini layak untuk dijadikan menu takjil keluarga, lho. Selain bikinnya simpel, rasanya pun sangat legit. Jangan heran kalau pada akhirnya bikin ketagihan dan susah berhenti, ya!

Tunggu apa lagi? Yuk, segera kunjungi warung-warung terdekat untuk menyiapkan bahannya dan langsung praktik di dapur agar Sarikaya dapat dihidangkan sebagai  menu takjil sore nanti.

Bandung,  270518



You May Also Like

0 komentar

©