7 Kegiatan ‘Me Time’ buat Si Ambivert, biar Tetap Waras Mengurus Rumah

by - 10:12 AM


Coba angkat tangan buat mamak-mamak yang masih punya ‘me time’ setelah beranak satu, dua, dan seterusnya? Sesimpel punya waktu 1 sampai 2 jam buat menikmati mandi dengan mindfull, apakah masih terrealisasikan?

Saya mungkin termasuk golongan mamak-mamak yang akan butuh ‘me time’ saat sudah punya anak nanti. Dengan tanpa meninggalkan kewajiban sebagai seorang ibu, menyisihkan waktu 1 sampai 2 jam dalam 24 jam/ 7 hari bukanlah hal yang salah.

Saya cukup paham juga, ada beberapa ibu atau mungkin kebanyakan para ibu jadi susah keluar rumah karena gak tega anaknya dititipkan ke suaminya atau mungkin orang tuanya. 

Yaa, gak apa-apa juga, selagi memang sang ibu tersebut masih ‘waras’ dalam mengurus rumah. 

Namun, jika sudah mulai merasa tidak nyaman dan terbebani dengan urusan rumah, artinya mungkin kita sudah cukup stres dan butuh ‘me time’ sejenak dari segala rutinitas yang menjemukan ini.


Tentang Perubahan Si Ekstrovert Jadi Ambivert

Kita kayaknya udah cukup familiar dengan kosakata ekstrovert, ambivert, dan introvert, kan? Nah, menurut pengalaman saya pribadi, tipe kepribadian ini bisa berubah-ubah sesuai dengan kondisinya.

Saat masa-masa sekolah dan kuliah, saya tuh tergolong si ekstrovert yang aktif berorganisasi, gak malu-malu untuk tampil di depan umum, dan sangat fleksibel untuk bergaul dengan teman-teman.

Beda ceritanya setelah menikah, saya perlahan-lahan jadi lebih seneng ada di rumah dan terkadang merasa cukup dengan ngobrol bareng suami aja. Kebutuhan sosialisasi saya cukup menurun banyak setelah menikah.

Apakah ini karena lingkaran pertemanan juga semakin mengecil? Ya, itu benar memang. Tapi sepertinya faktor terbesarnya gak cuma karena itu aja, sih. Mungkin lebih karena saya punya suami mengerti dan memahami saya bahkan lebih dari diri saya sendiri, hahaha.

Makanya, kalo temen deket saya ngajakin ketemu dan sikonnya saya lagi pengen di rumah aja, saya bisa bilang gak bisa ke mereka dengan alasan lagi mager, wkwk. Sebenernya di saat seperti itu saya butuh nge-charge energi dengan menyendiri sambil melakukan kegiatan yang menyenangkan menurut saya.

Nah, tapi untuk beberapa waktu saya tetap butuh untuk bertemu dan bersosialisasi dengan teman-teman terdekat saya (yang jumlahnya paling dua atau tiga orang aja) dan jadwal kami buat ngumpul pun bener-bener gak menentu waktunya bisa sebulan sekali, dua bulan sekali, atau tiga bulan sekali. Se-mood-nya aja karena kami sekadar bertemu untuk berbagi cerita, haha-hihi, dan berkeluh-kesah tentang keadaan di rumah masing-masing.


Kegiatan Me Time Si Ambivert

Me time ini adalah bagian dari proses saya dalam merilis dan merelaksasikan pikiran saat terasa jenuh dengan urusan rumah ataupun pekerjaan yang bejibun. Jadi, kegiatannya ngapain aja, nih?


1. Cuci mata ke supermarket sendirian

Belanja bulanan ke supermarket tentu sudah biasa, ya? Nah, kalau lagi mumet biasanya saya cari-cari alasan untuk diri saya biar keluar dari rumah dan jalan-jalan ke supermarket meskipun cuma beli sebotol kecap, hahaha.

Sesimpel cuma liat-liat barang aja abis itu belanja dan pulang, deh. Gak perlu waktu yang lama, karena niatnya memang buat merilis jenuh dan liat hiruk pikuk jalanan.

Sumber: Pexels.com/Gustavo Fring

2. Luluran di rumah dan pake wewangian favorit

Kalo lagi gak pengen ke luar rumah, kegiatan inilah yang akan saya lakukan untuk ‘me time’. Bisa juga diiringi dengan mandi air hangat, wuaahhh bikin badan auto rileks dan seger.

Saya tipe-tipe yang kurang nyaman dateng ke salon atau spa, justru lebih nyaman luluran di rumah aja dengan produk-produk lulur yang pengen saya coba. 

Setelah luluran, ritual saya adalah pake parfum biar wangi sepanjang hari, walaupun setelahnya cuma tiduran aja di kasur, wkwk.

Sumber: Pexels.com/Taryn Elliott

3. Ngadem bentar di coffeeshop sendirian

Kebetulan, di deket tempat tinggal saya ada coffeeshop langganan yang kopinya enak dan tempatnya cukup okelah. Saya pun biasanya dateng ke tempat ini sama temen-temen deket buat ketemuan. Jadi, udah cukup seringlah dateng ke sini.

Kalo lagi pengen sendiri, saya pesen kopi dan duduk bentar, kemudian pulang dengan perasaan yang lebih lega. Terus selama di coffeeshop ngapaian kalau sendirian? Gak ada kegiatan khusus sih, tapi biasanya saya bawa buku notes kecil dan drawing pen buat nulis apa pun atau gambar apa pun, buku fiksi/non-fiksi, atau kadang cuma scroll hp aja. 

Judulnya juga ngadem, ya, bentar aja, paling lama 30 menit sih, abis itu pulang. Kalau datengnya sama temen-temen lain lagi ceritanya, dari matarai masih di atas ubun-ubun bisa sampai matahari tenggelam, sih.

Sumber: Pexels.com/Andrea Piacquadio


4. Ngulik aktivitas crafting di rumah aja

Salah satu kegiatan me time yang menguras banyak waktu di rumah adalah ngulik berbagai kreasi seperti bikin bullet journal, melukis, menggambar, mewarnai, bebikinan barang, dan masih banyak lagi.

Tapi, kalo lagi mager banget nih, gak mood ngapa-ngapain, saya biasanya memilih nonton drakor sih. Waktu me time biasanya bisa jadi bablas seharian kalo udah nonton drakor, gak direkomendasikan buat mamak-mamak beranak.

Sumber: Pexels.com/Amina Filkins

5. Main game The Sims ala-ala designer interior

Asli sih, The Sims adalah game favorit saya sejak lama. Sekarang, jadi kegiatan yang saya pilih untuk ‘me time’ terutama karena saya seneng ngedekor ruangan di The Sims ini.

Tentu saja kalau main The Sims gak cukup 1 jam, bisa tuh dari pagi sampai sore saya maraton main The Sims. Me time yang ini rasanya gak recomended kalo udah punya anak kelak, wkwk.

Sumber: Pexels.com/Soumil Kumar

6. Ketemuan sama teman-teman terdekat

Nah, ini yang saya bilang, saya tetep butuh ketemu manusia lain untuk sekadar berbagi cerita. Saya merasanya memang si ambivert nih, yang tetep butuh ngisi energi dari ketemu orang lain walaupun dengan intensitas yang minim.

Saya sangat menikmati ketemu temen-temen deket yang seru, menyenangkan, dan suportif. Berasa unek-unek yang udah numpuk langsung ilang kalau udah ngumpul sama mereka.

Sumber: Pexels.com/Andrea Piacquadio

7. Ikutan kegiatan offline di komunitas/organisasi

Menghadiri kegiatan seperti seminar, acara anal, atau pengajian adalah opsi terakhir yang saya pillih untuk sarana ‘me time’. Saya suka ketemu orang-orang tapi bukan jadi sebuah rutinitas yang pasti. Hanya jika butuh asupan energi dari orang lain aja.

Sumber: Pexels.com/Julia M Cameron

Dari sekian banyak kegiatan me time yang sangat beragam, kalau kamu lebih suka mengisi me time dengan kegiatan apa nih?

You May Also Like

0 komentar

©