Lagi Belajar Menulis Artikel? Cobain 7 Langkah Menulis Ini agar Tulisanmu Lebih Keren

by - 3:56 PM


Katanya, nulis itu susah. Bener gak, ya? Jawabannya, engga. Menulis itu seperti skill lainnya yang bisa dipelajari dan dilatih secara konsisten.

Nah, kali ini kita akan kupas lebih dalam tentang bagaimana cara menulis artikel yang benar bahkan datengin cuan.

Langsung aja, cekidot~


Kenalan sama Artikel, Yuk!

Artikel merupakan sebuah karya tulis yang berisi pendapat mengenai fakta, fenomena, data, hingga kejadian tertentu yang ditulis menggunakan bahasa ilmiah. 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), artikel merupakan suatu karya tulis yang ditulis secara lengkap.

Di era digital yang serba cepat ini, setiap harinya ada ribuan bahkan lebih artikel yang tersebar di seluruh dunia melalui berbagai platform. 

Udah gak heran lagi kalau kita jadi banyak tahu tentang banyak isu, tapi... pastikan itu bukan hoax, ya, gengs~


Jenis-jenis Artikel yang Bisa Ditulis

Banyaknya artikel yang bertaburan di internet, ternyata gak semuanya sama, lho. Artikel-artikel tersebut dapat dikategorikan berdasarkan jenisnya. Yuk-lah, kita cari tahu nih sebagai berikut:

1. Artikel Narasi

Jenis artikel yang isinya menceritakan tentang rangkaian peristiwa secara sistematis, mulai dari awal, tengah hingga akhir.


2. Artikel Deskripsi

Jenis artikel berupa karangan yang menggambarkan mengenai suatu hal kepada pembaca, sehingga pembaca seolah-olah bisa merasakan, melihat dan mendengar isi dari deskripsi tersebut.


3. Artikel Eksposisi

Jenis artikel yang isinya menjelaskan atau memberikan informasi tentang suatu topik yang tujuannya untuk menambah wawasan pembacanya.


4. Artikel Argumentasi

Jenis artikel yang yang dibuat untuk membuktikan kebenaran mengenai suatu pendapat dengan menyajikan fakta atau data sebagai alasan.


5. Artikel Persuasi

Jenis artikel yang isinya bertujuan untuk mempengaruhi pembaca, sehingga bersedia melakukan sesuatu yang disarankan oleh penulis dalam karangannya.



Jadi, Gimana Nih Cara Menulis Artikel?

Dua aturan utama untuk menulis artikel yang bagus. yaitu:

  • good content: ini berkaitan dengan topik atau ide yang ditulis haruslah berisi hal-hal yang informatif atau solutif dan tanpa ada tendensi apa pun untuk menjatuhkan orang lain
  • good technique: ini berkaitan dengan cara penulisannya yang sesuai dengan KBBI dan PUEBI 

Sedangkan, untuk cara-caranya, kita bisa mulai melakukan step by step-nya seperti di bawah ini:

1. Baca dan Pahami Brief/Rulesnya

Sebelum mulai menulis artikel, penting untuk membaca dan memahami peraturannya. Baik itu saat mengikuti lomba artikel atau menulis artikel komersil. Aturan ini adalah guide kita selama menulis agar topik yang dibahas tidak melebar ke mana-mana.


2. Riset Topik yang Berkaitan

Riset sudah jadi hal wajib yang harus dilakukan seorang penulis artikel. Semakin banyak referensi, maka akan semakin banyak informasi yang bisa kita olah. Pastikan untuk cari sumber yang kredibel, ya.


3. Pilih Paragraf Pembuka yang Nendang

Ada ratusan tulisan yang di posting melalui beragam platform hanya dalam 1 menit di seluruh dunia. Paragraf pembuka yang menarik jadi salah satu alasan orang mau melirik tulisan kita. Kuncinya, pastikan untuk menggunakan kalimat yang pendek dan nendang.


4. To The Point, Gak Usah Bertele-tele

Pernah gak, baca tulisan yang keliatan dari paragrafnya aja udah padet banget dan akhirnya bikin males baca? Yap, itulah maksudnya 'to the point'. Pastikan hanya kalimat yang bernilai yang kita sematkan dalam tulisan.


5. Menulis Selayaknya Bercerita

Bagi beberapa orang, tulisan yang disampaikan seperti sedang bercerita bisa jadi hal yang menarik. Cerita bisa jadi hal yang brilian untuk membuka artikel. Meskipun, tidak semua jenis artikel cocok menggunakan teknik storytelling, ya.


6. Tunjukan, Kemudian Ceritakan

Jika kita bingung untuk memulai menulis, cobalah untuk mulai dengan menunjukan statmen kita kemudian jelaskan artinya dan kenapa itu penting.


7. Practice, Practice, Practice

Aturan terakhir dan yang paling penting dalam belajar menulis artikel adalah praktik. Yap, skill menulis perlu dilatih sampai akhirnya kita semakin terbiasa.

Saat ini ada banyak platform menulis artikel yang bisa kamu coba dan jika artikelmu dapat publish artinya tulisanmu sudah tervalidasi. At least, secara teknis menulisnya sudah sesuai aturan yang disyaratkan.


Beda Artikel dan Esai, Apa Ya?

Ini mungkin sering jadi pertanyaan yang ada dibenak kita karena kedua jenis tulisan ini cukup mirip, meskipun memang ada bedanya juga, yaitu:

Artikel

  • Karangan tertulis yang dimaksudkan untuk dimuat dalam surat kabar, majalah, atau terbitan lain.
  • Tujuan utamanya untuk menginformasikan pembaca tentang beberapa konsep.
  • Sifat tulisannya objektif dan disertai dengan data statistik, laporan dan bagan, foto dll.

Esai

  • Karangan tertulis yang dimaksudkan untuk masalah atau topik tertentu dianalisis dan dibahas.
  • Tujuan umumnya adalah untuk menanggapi pertanyaan atau proposisi.
  • Sifat tulisannya subjektif, dan tidak diperlukan foto, bagan, laporan, dll.

Jadi, sudah siap mulai menulis artikel?

You May Also Like

0 komentar

©