Skincare Rutin buat Si Kulit Kering biar Tetap Glowing

by - 6:31 PM


Punya kulit wajah yang cenderung kering seringkali bikin wajah gak nyaman. Apalagi kalau harus ditimpa make up ini itu. Wah, fix deh wajah bakalan makin parah dan hasil make up nya juga gak bagus banget.

Berawal dari keresahan inilah, saya mulai aktif nyari tahu tentang skincare apa aja yang sekiranya cocok untuk tipe kulit saya yang normal to dry ini.

 Jadi, melalui tulisan ini saya akan kumpulkan informasi seputar skincare kulit kering dan rekomendasi skincare yang udah pernah saya coba. Yuklah, mari lanjutkan~


Serba serbi si Kulit Kering

Wajah yang punya tipe kulit kering ditandai dengan rasa tidak nyaman, kulit yang kasar atau bahkan bersisik. gatal-gatal, dan pecah-pecah. Kalau pengalaman saya, paling sering tuh terasa gak nyaman dan kulit kasar tuh di area kedua pipi dan dahi. 

Kalau dari info-info yang saya cari, penyebab kulit kering itu ada macam-macam, diantaranya:

  • lingkugan sekitar
  • jenis air
  • genetika
  • pencucian yang berlebihan
  • paparan dari hal yang menyebabkan iritasi
  • kondisi medis seperti hipotiroidisme atau diabetes
  • kelembapan
  • kebiasaan mandi
  • penggunaan sabun yang keras
  • kekurangan vitamin B

Mengutip dari Melanie Speed, RN, BSN, CAN– pemilik Klinik Kecantikan Flawless Aesthetics, saat kulit mengering kondisinya akan mengecil dan menyebabkan retakan yang semakin dalam, nyeri bahkan mulai berdarah. Kondisi yang seperti ini memungkinkan bakteri masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan infeksi kulit.

Sekalipun penyebab kulit seseorang kering bisa jadi berbeda-beda, menurut Melanie, kita bisa melakukan rangkaian perawatan kulit berikut ini:

  • Bersihkan wajah dengan pembersih yang menghidrasi dan tidak mengganggu lapisan uar kulit.
  • Gunakan toner tanpa kandungan alkohol untuk mengembalikan pH kulit.
  • Gunakan serum sesuai kondisi kulit, misalnya serum anti-aging, serum brightening, dsb.
  • Aplikasikan pelembap non komedogenik yang menutrisi dan mengunci hidrasi.
  • Lindungi dengan sunscreen dari paparan sinar UV.


Rekomendasi Skincare buat si Kulit Kering

Urusan kulit wajah yang kering memang bikin gak nyaman. Saya termasuk yang punya tipe kulit kering dan udah cukup lama nyobain macem-macem produk skincare sehingga akhirnya memilih untuk menetap di produk ini karena nyaman banget di kulit wajah.

Apakah itu? Mari sambil kita bahas dikit-dikit, yuk~

1. Cleanser

Menemukan pembersih wajah yang cocok buat si kulit kering pun gak bisa asal-asalan. Kita harus pilih pembersih  yang punya kandungan menghidrasi kulit. Salah satu bahan yang disarankan adalah hyaluronic acid.

Jenis cleansing milk menjadi pilihan terbaik karena formulanya kaya akan air. Selain itu, bagus juga untuk kulit sensitif karena tidak berbusa seperti gel atau krim. Cleansing milk dapat membuat wajah semakin lembut.

Saya pribadi punya pengalaman serupa. Saya sempat gonta-ganti pembersih wajah dan nyobain dari mulai jenis face wash, gentle gel, cleansing milk, sampai bubble cleanser. Ternyata kulit saya lebih cocok menggunakan pembersih wajah jenis cleansing milk.

Indikasi saya cocok atau engga pake produk pembersih itu, kalau sehabis digunakan wajah saya nyaman-nyaman aja berarti cocok tapi kalau ada rasa gak nyaman, kulit terasa kesat dan ada sensasi kulit berasa ketarik, berarti saya gak cocok pake produknya.

Dari sekian produk yang pernah saya coba, Lightening Cleansing Milk dari Wardah menjadi produk andalan saya sampai hari ini karena kulit wajah jadi bersih dan tetap nyaman setelah menggunakan pembersih ini.

Btw, kalo abis make up-an yang agak tebel, biasanya saya double cleansing juga kok. Pertama, pake miceral water dulu. Saya biasanya pake dari brand Garnier (yang warna pink) atau Nivea. Kedua, baru deh pake Lightening Cleansing Milk dari Wardah.

Tapi kalau seharian di rumah dan gak make up-an sih, cukup pake cleansing milk aja pas malem sebelum tidur. Pokoknya, kuncian wajah sehat itu adalah gak nge-skip bersihin wajah sebelum tidur.


2. Toner

Kulit kering cukup sensitif dengan alkohol karena bisa bikin makin kering. Jadi, untuk tonernya pilih yang tidak ada kandungan alkohol dan pilih bahan aktif yang mengembalikan tingkat pH kulit.

Untuk toner, saya kebetulan gak nyoba banyak produk sih. Pernah nyoba Wardah Lightening Face Toner, Hatomugi Skin Conditioner, dan Somethinc Calm Down! PHA 3% Everyday Toner.

Semua produknya cocok di wajah saya, apalagi yang Somethinc Calm Down!, bener-bener membantu saat kulit iritasi akibat salah pake skincare. Enak dipake pas wajah lagi rewel-rewelnya.

Karena semuanya cocok, akhirnya untuk toner ini udah 6 bulan terakhir saya pilih yang harganya ekonomis dan hemat budget, yaitu Hatomugi Skin Conditioner. Paling berasa tuh efeknya lembap dan kenyal di wajah.


3. Serum

Kita bisa memilih serum yang sesuai dengan kondisi kulit kita. Jika memang sangat kering, bisa gunakan serum dengan kandungan pure hyaluronic acid atau bisa juga memilih serum yang ada kandungan anti-agingnya.

Saya pun cukup banyak mencoba merek serum, mulai dari Wardah Lightening, Wardah Crystal White, OMG, Improla, The Originote, dan Somethinc. Hampir sebagian besarnya cocok dengan wajah saya.

Kalau sekarang lagi pake serum yang hemat budget, yaitu Improla 24K Gold Serum, Improla Bakuchiol Serum, dan The Originote Retinol B3 Serum.


4. Pelembap

Pelembap pun cari yang kandungannya bisa menghidrasi kulit. Saya juga termasuk yang udah nyoba beberapa produk yang awalnya cocok sekarang jadi enggak. Kurang tahu sih faktornya apa ya, pokoknya kalo udah gak cocok langsung ganti aja deh.

Saya awalnya pake day cream dan night cream dari Wardah Lightening dan Wardah Crystal White, seiring berjalannya waktu ternyata malahan gak cocok pake pelembap dari brand ini. 

Akhirnya nyobain Aloe vera gel dari Wardah dan ternyata cocok, sampai sekarang jadinya saya rutin mengandalkan aloe vera gel untuk pelembap. Untuk aloe vera gel, saya pun sempat nyoba-nyoba dari brand Herborist, Nature Republic, dan Watson. Semuanya cocok di wajah saya, gak ada sensasi cekit-cekit malahan kulit wajah makin kenyal.

Untuk malam harinya, saya kombinasikan dengan pelembap Glad2Glow Blueberry. Pelembap ini bener-bener bikin kulit saya kenyal dan lembut. Terus, waktu kulit wajah saya rewel, saya pernah juga nyoba pelembap Somethinc Calm Down! ini bener-bener bikin wajah cepet recovery dari iritasi dan bikin wajah saya calm down seperti klaimnya.


5. Sunscreen

Perlindungan kulit wajah paling luar dengan sunscreen. Saya juga termasuk yang suka nyoba macem-macem merek sunscreen. Pernah coba dari brand Wardah, Emina, OMG, Azarine, sampai Eiem Beauty.

Setiap merek sunscreen punya kelebihan dan kekurangan, sih. Tapi yang paling saya suka itu suncreen dari OMG, teksturnya ringan, mudah diblend, gak ada white case, dan wangi peach. Bonusnya lagi kemasannya cukup ringkas jadi bisa dibawa ke mana aja.

Nah, kalau pengalaman kamu pake skincare gimana, nih?



Referensi:

https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/skin-care-routine-for-dry-skin

https://enfntsterribles.com/how-choose-ideal-cleanser-skin-type/#:~:text=Cleansing%20milks%20are%20perfect%20for,your%20skin%20while%20cleansing%20it.

You May Also Like

0 komentar

©