Bikin Berendam Makin Rileks dengan Bath Bomb, Tertarik Mencoba?

by - 3:03 PM


Minggu lalu tiba-tiba kami harus segera berkemas dan nyusulin orangtuanya suami yang lagi stay di Bandung selama beberapa hari. Keduanya sedang ada urusan di Bandung dan menyempatkan untuk bertemu kami (saya dan suami), akhirnya kami dipesankan satu kamar hotel untuk dua malam.

Alhamdulillah, rezeki liburan dadakan nih! Jadilah selama weekend itu kami habiskan dengan kumpul keluarga dan menikmati fasilitas kamar hotel yang sangat memanjakan. Kenapa disebut memanjakan, karena kebetulan juga hotel yang dipilih mertua punya fasilitas bathub di kamar mandinya.

Tentu sangat disayangkan jika tidak dimanfaatkan dengan berendam air hangat, dong? Di tengah udara Dago Atas yang dingin, berendam jadi momen yang sangat menyenangkan. Sesampainya di hotel, saya pun langsung pesan bath bomb dan bubble bath lewat e-commerce yang bisa dikirim secara instan.


Bath Bomb Apaan Sih? Sabun Mandi?

Sumber: Pexels.com/Marta Dzedyshko

Bath bomb ini biasanya digunakan untuk berendam air hangat. Fungsinya sama seperti garam mandi, namun memiliki wewangian yang bikin sensasi berendam semakin rileks. Umumnya berbentuk bundar seperti bola dengan aneka warna yang menarik. 

Saat ini, bentuk bath bomb pun lebih bervariasi, semakin menambah keseruan untuk berendam. Wewangiannya pun gak hanya sebatas wangi bunga-bungaan, ada juga wangi buah-buahan yang wnaginya bikin kita semakin nyaman.

Bath bomb ini biasanya mengandung baking soda, asam sitrat, shea butter, minyak zaitun, dan bubuk susu. Tidak lupa kandungan pewangi dari minyak essensial yang bikin wangi semerbak dan pewarna yang bikin air rendaman gak sekadar warna bening.

Berendam dengan bath bomb menciptakan suasana mandi yang menenangkan dan kulit terasa lembut. Berendam dengan bath bomb bisa jadi opsi untuk kamu yang ingin me time dan merasakan sensasi mandi dengan cara berbeda.


Gimana Rasanya Berendam Pake Bath Bomb?

Bath bomb-nya Slothie Slumber

Seru! Ini pengalaman pertama saya dan ternyata menyenangkan banget berendam dengan air hangat, penuh dengan busa-busa, airnya berwarna, dan wangi yang menenangkan. Saya kebetulan beli bath bomb dan bubble bath-nya dari Slothie Slumber di Tokopedia dan dikirim instan ke hotel tempat saya nginep.

Harganya okelah yaa, kalau dibandingkan brand yang udah terkenal dan harganya bisa di atas Rp50.000, wkwk. Untuk bath bomb ukuran 5 cm harganya Rp30.000 sedangkan untuk bubble bath isi 100 ml harganya Rp30.000. Jadi, masih worth it-lah, yaa. *saya sematin link-nya biar pada checkout, wkwkwk

Saya pesen 2 bath bomb dan 4 bubble bath karena suami, adik ipar, dan mama mertua pengen ikutan nyoba. Wanginya juga beda-beda nih, ada yang pengen wangi lavender, cherry blossom, rose, dan lily.

Ini campuran bubble bath dan bath bomb

Saya nyobain yang wangi lily untuk bath bomb dan bubble bath-nya. Sedangkan suami pilih bubble bath dengan wangi cherry blossom. Untuk yang wangi lily ini wanginya soft banget, khas wangi bunga. Sedangkan yang cherry blossom tipe wanginya soft juga ternyata bukan yang wewangian manis gitu. Menurut hidung saya, cherry blossom ini lebih keluar wanginya dibandingkan yang lily.

Bath bomb-nya sendiri cuma ngasih warna di airnya dan wanginya cukup keluar juga. Sedangkan yang bikin bathtub penuh dengan busa adalah bubble bath-nya. Busanya berlimpah, aroma wanginya keluar, tapi memang gak bikin airnya jadi berubah warna. Ada sih perubahan warnanya tapi tipis banget. 

Berendamnya gak perlu lama-lama, ya, kayaknya saya sih gak nyampe 10 menit udah selesai. Abis itu bilas-bilas dan ganti baju, kemudian nyeduh teh hangat. Beuhhh, sensasinya nikmat banget, badan yang tadinya capek kayak full energy lagi.


Terus, Berendam Pake Bath Bomb Aman Gak, Sih?

Kalo dari beberapa artikel yang saya baca, umumnya penggunaan bath bomb ini  aman-aman aja, meskipun perlu diwaspadai juga jika kamu punya tipe kulit yang cenderung sensitif dan tidak menggunakan bath bomb untuk penggunaan rutin setiap hari.

Nah, selain kulit sensitif, penggunaan bath bomb tidak disarankan untuk beberapa kondisi ini, yaitu:

  1. Anak-anak yang masih berusia kecil. Bath bomb tidak disarankan untuk digunakan karena kondisi jaringan kulit anak-anak masih belum terbentuk sempurna. Kandungan yang ada dalam bath bomb pun bisa menimbulkan keracunan jika tertelan oleh anak. 
  2. Ibu hamil. Usia kehamisal trisemester pertama, disarankan tidak berendam dengan bath bomb karena beresiko timbulnya iritasi pada kulit. Biasanya, saat hamil kulit ibu cenderung lebih sensitif, mudah kering, gatal, dan iritasi. Penggunaan bath bomb bisa memperparah kondisi ini.

Tips Agar Aman Berendam dengan Bath Bomb

Dilansir dari klikdokter.com, ada beberapa cara aman yang perlu kamu ketahui saat ingin berendam dengan bath bomb, diantaranya:

  • Pastikan kondisi kulit tidak sedang sensitif, iritasi, alergi, ataupun gatal
  • Batasi waktu berendam, cukup 10-15 menit saja. Jika terlalu lama akan membuat kulit berisiko iritasi
  • Bilas dengan sabun mandi agar kandungan kimia dalam bath bomb tidak menempel di kulit

Sebenarnya, ada alternatif lainnya nih jika ingin berendam dengan sensasi wewangian yang menenangkan, yaitu dengan menggunakan minyak esensial yang terbuat dari bahan alami sehingga dapat meminimalisir efek samping ke kulit.

Begitulah, kurang lebih tentang berendam dengan bath bomb. Gimana nih, kamu tertarik buat rileksasi dengan cara berendam menggunakan bath bomb?

You May Also Like

0 komentar

©