Pengen Bikin Tampilan Blogspot Lebih Cakep? Cek 5 Situs Penyedia Template Gratis Ini!

by - 10:34 AM


Bagi orang-orang yang punya hobi menulis, blog menjadi salah satu media yang bisa digunakan untuk mempublikasikan karyanya. Isinya tentu beragam mulai dari tulisan fiksi berupa cerpen, cerbung, atau novel, serta tidak ketinggalan tulisan non-fiksi seperti artikel, opini, ulasan produk atau tempat wisata.

Tentunya, selain kualitas tulisan yang perlu diperhatikan saat menulis di blog, tampilan atau template-nya pun harus dipilih seapik mungkin agar pembaca yang berkunjung ke blog kamu betah untuk berlama-lama karena tampilan blognya user friendly.


Template Berbayar vs Template Gratisan

Sebenarnya, saat ini ada banyak penyedia template berbayar yang bisa mengakomodasi kebutuhan kamu sebagai blogger. Namun, tentunya harus menyiapkan budget, kan? Belum lagi kamu juga harus mengeluarkan uang untuk menyewa hosting dan membeli domain dengan nama yang kamu inginkan. Alhasil, modal untuk bikin blog ini jadi gak murah.

Jika goal ngeblog kamu untuk mendatangkan cuan, saya sih sangat menyarankan untuk bikin blog seprofesinal mungkin. Anggap saja beli template, sewa hosting, dan beli domain ini sebagai modal ‘jualan’ karya kamu.

Namun, jika tujuan kamu dalam nge-blog ini masih di tahapan belajar, menyalurkan hobi, atau untuk suka-suka mengisi kekosongan waktu, saya lebih menyarankan untuk menggunakan blog gartisan seperti blogspot, wordpress, wix, webflow. Kekurangannya, yaa.. jadi kurang eksklusif aja rasanya, wkwk. Karena dibagian belakangnya ada embel-embel blablabla.blogspot.com ; blablabla.wordpress.com, dsb.

Saya pribadi masih di tahap belajar dan menyelurkan hobi, jadi sampai saat ini belum kepikiran lagi untuk beli domain atau sewa hosting. Makanya masih anteng pake blogspot aja. Pernah sih, nyoba-nyoba beli domain tapi sayangnya minat menulis malahan menurun drastis dan domain yang udah dibeli jadi terasa mubazir.

Itulah alasannya kenapa saat ini saya masih setia menggunakan blogspot, masih mau membangun konsistensi diri dalam menulis. Harapannya kalau sudah konsisten, jadi lebih siap untuk beli domain dan tidak berakhir dengan sia-sia. Semogaaa yaaa~


Inilah Rekomendasi Situs Penyedia Template Blogspot Gratisan

Nah, biar makin semangat menulisnya, pasti kamu pengen tampilan di blog lebih cakep, kan? Ternyata setelah ngubek-ngubek Google, ada loh beberapa situs yang menyediakan template blog gratisan.

Karena ini gratisan, tentu ada beberapa kekurangan yang harus banget kamu maklumi, diantaranya:

  • Gak semua fitur dalam template blog gratisan bisa diakses atau digunakan. Beberapa template pun masih ada ‘watermark’-nya.
  • Kamu ‘dipaksa’ harus bisa ngedit kode HTML-nya untuk menyesuaikan dengan kebutuhan blog kamu. Misalnya aja, kamu butuh section untuk mengelompokkan tulisan bertema Resep Makanan kemudian ada sub-section Makanan Tradisional, Makanan Barat, dsb.
  • Gak semua template blog gratisan bisa diubah-ubah warna background, tulisan, dll. Ini juga sih, makanya perlu banget cari template blog yang ‘kamu banget’.
  • Template blog kamu jadi gak eksklusif. Bisa aja sama dengan template blog punya orang lain karena menggunakan template gratis yang bisa dipakai siapa saja. 

Kalau kamu udah bisa ‘deal’ dengan kenyataan yang tadi udah saya paparkan, maka kamu sudah siap mencari template gratisan. Yeya!

Oh iya, disclaimer dulu, kalau yang saya bagikan ini khusus untuk blogspot, ya. Beberapa situs penyedia free template blog  yang bisa kamu cek sampai ke page paling akhirnya, yaitu:

1. BTemplates

Di website BTemplates, kamu akan mendapatkan banyak template gratisan untuk dipasangkan di website kamu. Style-nya juga bisa kamu pilih sesuai keinginananmu. 

Saya pribadi lebih suka template yang simpel dan gak terlalu banyak warna. Mungkin beberapa template di bawah ini bisa cocok juga sama kamu nih. Nanti tinggal klik aja untuk intip template-nya ya. Cuss, langsung kepoin di sini:


2. Gooyabi Template

Di situsnya Gooyabi Template, kamu juga bisa mencari template gratisan yang oke buat blog kamu. Pilihannya cukup banyak, tinggal sesuaikan dengan referensi aja, ya.

Menurut saya di situsnya Gooyabi ini lebih banyak template yang cute gitu. Coba deh mampir ke Gooyabi. Beberapa template gratisan yang oke menurut saya, diantaranya:


3. Sora Template

Sedangkan, kalau di situs Sora Template, kamu juga bisa menemukan beberapa template cakep dan bisa kamu gunakan free versionnya. Tapi kalau pengen fitur yang lebih lengkap lagi, kamu bisa beli premium version-nya.

Template yang ada di situs ini menurut saya lebih fresh, ya, secara desainnya. Saya sampai bingung sih ngerekomendasiin yang oke saking banyak yang bagusnya. Beberapa template yang bisa kamu gunakan, adalah:


4. Template Toaster

Nah, situs Template Toaster, pun layak untuk kamu ceki-ceki nih karena menyediakan template blog yang beragam. 

Tampilan template blog ini jauh lebih kekinian lagi dan terkesan simpel elegan. Coba intip-intip aja, yuk. Beberapa rekomendasi template-nya, yaitu:


5. Template Lib

Situs Template Lib bisa kamu coba untuk pertimbangkan, siapa tahu ada yang cocok nih. Yuk, langsung aja cekidot!

Gimana-gimana nih, udah mulai galau gak sama template gratisan yang keren-keren ini? Selamat menemukan template blog terbaik, ya~

You May Also Like

0 komentar

©