5 Takjil Ramadan yang Bisa Dibikin Sendiri, Rasanya Dijamin Enak Banget

by - 8:13 PM


Ramadan di Indonesia memang selalu jadi momen keberkahan tersendiri. Ada banyak pedagang takjil yang selalu laku keras, saking banyaknya orang yang menjelang buka puasa berburu berbagai jenis takjil.

Saya sebenarnya bukan tipe emak-emak yang seneng beli takjil di luar. Jujur aja, kalau beli-beli gitu tuh rasanya selalu kurang pas. Entah saya yang belum beruntung, ya, haha. Misalnya aja kalau beli sop buah, rasanya bisa terlalu manis atau bahkan gak manis. Atau kalau beli kolak pisang, kadang pisangnya masih belum mateng.

Begitulah, jadi, kalau saya inget-inget lagi sih, Ramadan tahun ini hampir gak pernah beli takjil di luar. Rasanya memang gak seheboh tahun-tahun sebelumnya memang, ada banyak menu takjil yang bisa dipilih. Tahun ini lebih memilih yang simpel-simpel aja nih, minimal ada satu menu takjil yang gak pernah saya skip, yaitu kurma.

Terus, memang gak tertarik makan takjil yang segar, lezat, atau gurih, gitu? Ohoho, tentu saja jawabannya tertarik banget! Tapi kali ini tertariknya sambil ambil langkah juga dengan cara bikin sendiri takjilnya. Selain lebih hemat, udah pasti lezat, bisa dapet banyak pula, wkwk–mamak gak mau rugi.

Bikin takjil sendiri? Bisa, kok~


1. Aneka Puding yang Rasanya Kenyal dan Segar

Ilustrasi Puding. Sumber: Pexels.com/Xuân Thống Trần

Kalau lagi pengen puding atau jelly, biasanya andalan saya adalah Nutrijel. Produk ini kayaknya udah paling the best, sih. Tekstur kekenyalannya udah yang paling pas dibandingkan brand lain.

Sekarang ada banyak banget tutorial di YouTube tentang bebikinan puding atau jelly ini. Saya biasanya bikin yang simpel-simpel aja kayak Nutrijel ditambahin nata de coco, atau Nutrijel dengan serutan kelapa KW. Bikinnya beneran gampang banget.

Saya sematin link resep pudingnya, ya. Check out di sini: 


2. Nyeduh Es Teh atau Nutrisari Dijamin Usir Dahaga

Ilustrasi Es Peach Tea. Sumber: Unplash.com/Chinh Le Duc

Nah, kalau lagi pengen minuman yang seger-seger, saya biasanya nyetok beberapa minuman sachet. Yaaa, sebenernya kurang bagus sih, ya, tapi saya anti ribet-ribet club, jadi gak pusing-pusing deh pokoknya tinggal seduh aja. Beres, deh~

Saya lagi nyobain Peach Tea dari Prendjak yang isinya lima sachet warna pink. Ini rasanya peachnya terasa dan wangi. Tata cara nyeduhnya tinggal ikutin aja petunjuk di kemasannya. Kalau lagi pengen yang seger-seger, udah pasti nyeduh Nutrisari Jeruk Nipis atau Mangga. 

Menurut saya, dua varian ini yang paling seger apalagi kalau ditambahin nata de coco atau buah-buahan kayak stroberi, mangga, timun suri… Udah pasti makin enak, deh~


3. Bikin Es Sop Buah yang Anti Gagal

Ilustrasi Sup Buah. Sumber: Food.com

Sop buah ini sebenernya bisa dengan mudah ditemukan di mana aja, ya. Tapi masalahnya adalah kadang rasanya gak sesuai ekspektasi. Akhirnya, saya lebih memilih untuk ‘ngeracik’ sendiri sop buah-nya sesuka hati.

Sop buah versi saya bahan-bahannya terdiri dari:

  • Kental Manis Bendera - Gold
  • Timun suri
  • Cincau
  • Nata de coco
  • Parutan Kelapa
  • Alpukat
  • Potongan jelly nutrijel
  • Es batu

Semuanya dipotong dadu atau kecil lalu masukan di air yang sudah tercampur dengan kental manis Bendera. Poin pentingnya, pake kental manis Bendera yang gold biar rasanya lebih enak. Udah deh, tinggal sajikan ke orang-orang rumah.

Btw, kok, gak pake pacar cina/sago mutiara atau kolang kaling? Jawabannya karena kurang suka, jadi gak dimasukin ke sop buah versi saya, wkwk.


4. Gorengan ‘Racikan’ Sendiri yang Rasanya Lezat

Ilustrasi Gorengan. Sumber: Pexels.com/Marvin Ozz

Takjil ramadan gak lengkap tanpa gorengan. Tentunya, saya juga lebih memilih nge-goreng sendiri, ya. Memang jadinya lebih ribet harus potong-potong sayuran atau aduk-aduk adonan, tapi sebanding dengan rasanya.

Saya biasanya bikin bala-bala atau bakwan, tahu isi (kadang gak pake isian, jadi cuma tahu sumedang dibalurin tepung bumbu Sasa Hot terus goreng), kroket isi bihun, atau cireng. Cocolannya pake bumbu pecel yang ada di warung, merek Sinti.


5. Aneka Jus yang Dijamin Sehat Tanpa Tambahan Aneh-aneh

Ilustrasi jus. Sumber: Unslpash.com/Element5 Digital

Daftar takjil yang terakhir ini kayaknya yang paling sehat diantara deretan takjil sebelumnya, wkwk. Walaupun masih pake gula, sih, tapi kalau nge-blender sendiri gulanya bisa diatur secukupnya aja biar gak terlalu manis.

Kebetulan banget selama Ramadan, di halaman rumah orang tua saya ada buah jambu merah dan sirsak yang lagi berbuah terus menerus. Alhasil, saya yang rumahnya deketan sama ortu sering banget dikirimin jambu merah atau sirsak. Alhamdulillah, jadi punya stok buah yang bisa di jus buat takjil~

Jadi, begitulah takjil ramadan versi saya yang lebih seneng bebikinan sendiri daripada ‘berburu’ di luar. Kalau takjil ramadan favoritmu apa aja nih?

You May Also Like

0 komentar

©