Lelaki yang Menjadi [Tetap] Kuat

by - 7:01 AM



Adalah manusia jika dalam episode hidupnya sering kali melemah bahkan semakin lelah tanpa daya. Manusia memang begitu adanya. Sayangnya, keadaan tidak pernah berbelas kasih. Keadaan sering kali menuntut siapapun untuk tetap kuat sebisa mungkin tanpa mengenal jeda dan tapi.

Saya tidak pernah tahu apa yang mungkin saja terjadi dalam dirinya. Saya berada di luar frame hidupnya dan saya tidak pernah punya kesempatan untuk sekadar bertanya : "Bagaimana hari ini?" atau "Apa kabar hari ini?".

Melihat lelaki itu beberapa hari ini dengan raut yang tak menentu, bahkan cenderung kusut, wajah itu telah memberikan jawaban atas dua pertanyaan yang tidak sempat saya lontarkan padanya.

Saya bukanlah seorang problem solving yang mampu menghadirkan saran terbaik menyaingi konselor. Saya masih merasa bahwa hal paling mungkin yang bisa saya lakukan adalah mendukung apa yang sudah ia rencanakan sebelumnya. Saya pikir, ini adalah bukti nyata yang bisa saya lakukan tanpa perlu berdrama layaknya telenovela.

Saya tidak tahu bagaimana jadinya jika bukan lelaki itu yang ada dalam situasi saat ini. Kakak lelaki itu bilang bahwa ia telah tumbuh lebih dewasa saat ia harus mengambil keputusan cepat dalam situasi mendesak.

Akhirnya, saya benar-benar menyadari bahwa lelaki yang usianya hanya terpaut satu tahun dengan saya itu telah menjelma menjadi sosok yang lebih tegar, sabar, dan kuat. Semoga lelaki itu selalu dalam keadaan sehat dan penuh limpahan rezeki dari-Nya. 


Bandung, 200517
Tulisan ini didedikasikan untuk Fuad yang--semoga selalu tetap kuat apa pun yang nantinya ada di depan mata. 

You May Also Like

0 komentar

©